Satelit BRI Sudah Terisi Penuh Bahan Bakar

Rabu, 25 Mei 2016 - 14:43 WIB
Satelit BRI Sudah Terisi Penuh Bahan Bakar
Satelit BRI Sudah Terisi Penuh Bahan Bakar
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyatakan persiapan peluncuran satelit perbankan kian matang. Kabar terbaru setelah Tahapan Final Performance Test yang dilaksanakan di pabrik Space Systems/Loral, LLC (SSL) Palo Alto, California, AS telah dilalui dengan sukses. Kini update terakhir satelit mulai diisi penuh bahan bakar.

"Satelit telah sampai di Kourou, masuk preparation building. Kemarin sudah full pengisian bahan bakar berarti tanggal 30 Mei sudah terintegrasi dengan roket," ujar SEVP IT Strategy and Satelite BRI Hexana Tri Sasongko di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

(Baca Juga: Satelit BRI Siap Meluncur 9 Juni)

Dia menjelaskan pengiriman satelit ke lokasi peluncuran (Kourou) telah dilakukan pada 8 Mei 2016 dengan menggunakan pesawat kargo Antonov-124 dan tiba pada 9 Mei 2016 waktu Kourou, Guyana Prancis. "Tahapan persiapan peluncuran dimulai pada 9 Mei dengan pengiriman satelit dari manufaktur site kita di California, Palo Alto menggunakan Antonof ke Kourou," sambung dia

Kemudian, lanjut dia akan ada masa fine tuning di dalam roket. Setelah itu sehari sebelum hari peluncuran, roket diangkut menggunakan kereta ke tempat peluncuran.

"Lalu masa fine tuning di dalam roket lalu H-1 diangkut kereta ke launch pad jarak preparation building ke launch pad 3,5 Km, mulai hari H dimonitor ketat 7 jam sebelum launch mision jam 8 pagi sampai countdown," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3450 seconds (0.1#10.140)