Harga Daging Sapi di Daerah Ini Tembus Rp170 Ribu/Kg

Sabtu, 04 Juni 2016 - 17:12 WIB
Harga Daging Sapi di Daerah Ini Tembus Rp170 Ribu/Kg
Harga Daging Sapi di Daerah Ini Tembus Rp170 Ribu/Kg
A A A
JAKARTA - Menjelang Ramadhan, harga daging sapi di sejumlah daerah semakin tidak terkendali. Seperti yang terjadi di Meulaboh, Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam, harga daging sapi dan kerbau di wilayah tersebut tembus Rp170 ribu/kg.

Padahal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar seluruh pemerintah provinsi dan daerah memperhatikan harga daging sapi untuk berada di kisaran Rp80.000/kg. Namun, berdasarkan pemantauan wartawan di lapangan harga daging sapi dan kerbau di pasar Bina Usaha Meulaboh telah melampaui batas wajar.

Kenaikan harga daging ini, selain dipicu menipisnya stok juga diperparah tradisi Meugang di Aceh. Di mana menjelang Ramadhan permintaan daging meningkat sehingga permintaan masyarakat melonjak.

"Jika hari biasa harga daging cuma Rp110 ribu/kg, kini harga melambung tinggi hingga mencapai Rp170 ribu/kg," ujar Irma, salah seorang pembeli daging di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Sabtu (4/6/2016).

Meski harga daging di Meulaboh, Aceh Barat sangat tinggi, namun tak membuat minat warga membeli surut. "Meski harga daging mahal mereka tetap membelinya karena hari ini, hari Meugang. Mau tak mau mereka harus tetap membeli," tegasnya.

Sementara itu, Efrianda, salah seoarang pedagang daging sapi mengatakan, naiknya harga daging mencapai Rp170 ribu/kg karena sangat sulit mendapatkan pasokan. Sementara permintaan warga terus meningkat.

"Kami memperkirakan harga daging akan terus mengalami kenaikan hingga bulan Ramadhan nanti," imbuhnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2264 seconds (0.1#10.140)