Bank BRI Prediksi Pengguna Kartu Kredit Meningkat saat Ramadhan

Kamis, 09 Juni 2016 - 20:45 WIB
Bank BRI Prediksi Pengguna Kartu Kredit Meningkat saat Ramadhan
Bank BRI Prediksi Pengguna Kartu Kredit Meningkat saat Ramadhan
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) memprediksi jumlah pengguna kartu kredit akan meningkat saat Ramadhan. Pasalnya banyak masyarakat yang membelanjakan uangnya.

"Memang hari-hari biasa ada, tapi kalau pas Ramadhan kan banyak yang beli kebutuhan rumah tangga dan barang-barang untuk dalam rangka lebaran," ujar Direktur Konsumer Bank BRI Sis Apik Wijayanto di Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Peningkatan tersebut, kata dia juga karena program yang telah diluncurkan perusahaan beberapa waktu lalu. Tujuannya mengarahkan masyarakat lebih menggunakan transaksi non tunai. "Ini kita arahkan penggunaan kartu kredit, kartu debit dan ecommerce kita tingkatkan. Digitalisasi dengan e-pay BRI kita tingkatkan," sambungnya.

Sementara, dia menerangkan penutupan rekening kartu kredit berkurang sebanyak 40% dalam sebulan terakhir. Ini karena meningkatnya jumlah pengguna kartu kredit saat Ramadhan. "Yang menutup rekening kartu kredit sudah turun sekitar 40% dari 2400 pada April menjadi 1900 rekening Mei 2016," tutur dia.

Menurutnya penutupan kartu kredit merupakan hal yang wajar dengan alasan tidak membutuhkan kartu kredit lagi. Dia meyakini hal tersebut bukan dampak dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 39/PMK.03/2016 yang mewajibkan penerbit kartu kredit untuk melaporkan transaksi nasabah kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak).

"Bukan karena PMK. Sekarang sudah meningkat lagi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1542 seconds (0.1#10.140)