Pilot Lion Air Bongkar Penyebab Delay Parah 5 Penerbangan

Selasa, 02 Agustus 2016 - 10:31 WIB
Pilot Lion Air Bongkar Penyebab Delay Parah 5 Penerbangan
Pilot Lion Air Bongkar Penyebab Delay Parah 5 Penerbangan
A A A
JAKARTA - Serikat Pekerja Asosiasi Pilot Lion Group (SP-APLG) menerangkan apa yang menjadi penyebab insiden penundaan penerbangan atau delay yang mencapai belasan jam pada 5 penerbangan kemarin. Seperti diketahui sebelumnya delay beberapa penerbangan Lion Air memicu kemarahan para calon penumpang pada Minggu (31/7) hingga awal pekan kemarin.

(Baca Juga: Delay Parah, Ini Tanggapan Lion Air)

Terkait insiden tersebut, Pilot Lion Air meyakini bahwa insiden tersebut secara langsung maupun tidak langsung berkorelasi dengan permasalahan ketenagakerjaan yang sedang dihadapi para pilot SP-APLG saat ini. Apalagi kejadian ini sering kali terulang untuk menegaskan adanya persoalan serius dan kronis dalam manajemen Lion Air.

Asosiasi Pilot Lion Air berpandangan bahwa pengelolaan industri penerbangan, di mana Lion Air termasuk di dalamnya, seyogyanya mengikuti kaidah-kaidah tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) serta menaati seluruh regulasi dan perundangan yang berlaku. Terlebih lagi karena industri ini sangat terkait dengan kepentingan dan keselamatan banyak orang.

"Namun pada kenyataannya SP-APLG merasakan hal tersebut tidak tercermin dalam praktik manajemen Lion Air selama ini, khususnya dalam aspek ketenagakerjaan," ucap Ketua Serikat Pekerja APLG Eki Adriansjah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

(Baca Juga: Lion Air Kembali Berulah, Penerbangan Delay Belasan Jam)

Karena itu SP-APLG menyerukan kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk dapat menyikapi persoalan ini secara serius. "SP-APLG siap memaparkan secara terbuka berbagai permasalahan di Lion Air yang pada dasarnya tidak hanya merugikan para pilot dan pekerja Lion Air tetapi juga merugikan publik sebagai pengguna jasa Lion Air," pungkasnya.

Sebagai informasi, terkait dengan adanya perselisihan hubungan industrial antara SP-APLG dan manajemen Lion Air, saat ini tengah ditempuh upaya penyelesaian melalui mekanisme tripartit yang dimediasi oleh Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta setelah upaya penyelesaian bipartit yang ditawarkan oleh SP-APLG tidak mendapat respon positif dari pihak manajemen Lion Air. Rabu (3/8) mendatang direncanakan akan diadakan kembali pertemuan tripartit keempat di kantor Suku Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7466 seconds (0.1#10.140)