Penerbangan Perdana Palembang-Jeddah Beroperasi November

Rabu, 03 Agustus 2016 - 06:09 WIB
Penerbangan Perdana Palembang-Jeddah Beroperasi November
Penerbangan Perdana Palembang-Jeddah Beroperasi November
A A A
PALEMBANG - Penerbangan perjalanan haji, Palembang-Jeddah secara langsung akan dapat dinikmati pada November mendatang. PT Angkasa Pura II menyatakan penerbangan ini akan memudahkan masyarakat di Palembang menjalankan ibadah umrah.

General Manajer AP II Palembang, Iskandar Hamid mengatakan pihaknya masih melakukan pembahasan bersama dengan maskapai yang akan melayani penerbangan langsung Palembang-Jeddah. Sejatinya, rute Palembang-Jeddah tersebut sudah bisa dilayani pada bulan Maret lalu, namun mengalami kemunduran. “Rencana tersebut masih dibahas, kemungkinan memang akhir tahun, yakni Desember-November,”ujarnya kepada Koran Sindo Palembang, Selasa (2/8/2016).

Ia mengatakan penerbangan langsung Palembang-Jeddah merupakan rute perjalanan haji pada umumnya. Selama ini, perjalanan langsung itu hanya akan dinikmati calon jemaah haji yang berangkat dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Sementara untuk perjalanan umrah, maka penumpang yang akan ke Jeddah harus terlebih dahulu transit di Jakarta.

“Jadi jika ada penerbangan langsung maka tidak perlu transit. Bisa langsung Palembang Jeddah dan sebaliknya,” sambung dia.

Untuk sementara, Iskandar mengatakan penerbangan langsung Palembang-Jeddah akan dilayani satu kali dalam satu minggu. Hal ini guna mempertimbangkan demand atas perjalanan langsung tersebut terlebih dahulu. “Satu hari seminggu, namun belum ditetapkan harinya,” ujarnya.

Penerbangan langsung ini, lebih dirasakan memudahkan perjalanan umrah. Mengingat jumlah perjalanan umrah mengalami peningkatan. Dikatakan Iskandar, perjalanan langsung Palembang-Jeddah baru akan dilayani oleh satu maskapai. Hal tersebut karena kemampuan maskapai memperluas jangkauan operasionalnnya.

“Baru Garuda Indonesia, yang lain mungkin masih transit. PT AP II baru melakukan komunikasi pada pihak maskapai Garuda Indonesia,” katanya.

Rencana penerbangan langsung Palembang-Jeddah juga diungkapkan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Ia mengatakan pemerintah provinsi juga mendorong penerbangan yang langsung agar memudahkan umat Islam dalam menjalankan ibadah haji dan umrah. Penerbangan langsung ini juga membuktikan jika kota Palembang, Sumsel makin terbuka pada akses transportasi internasional.

“Sekarang sudah bisa ke Jeddah langsung. Ini memudahkan perjalanan ibadah haji dan umrah,” ujarnya.

Kemudahan penerbangan langsung Palembang-Jeddah akan makin meningkatkan keinginan masyarakat Palembang, Sumsel untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Untuk saat ini, perjalanan umrah apalagi menjelang akhir tahun, bulan Ramadhan dan waktu libur panjang (weekend) sering mengalami peningkatan. “Prediksinya, jumlah penumpang akan bertambah seiring bertambahkan keinginan untuk melaksanakan ibadah,” kata Alex.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6969 seconds (0.1#10.140)