BI: 64% Masyarakat Indonesia Belum Terjamah Perbankan

Rabu, 03 Agustus 2016 - 19:05 WIB
BI: 64% Masyarakat Indonesia Belum Terjamah Perbankan
BI: 64% Masyarakat Indonesia Belum Terjamah Perbankan
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan sebanyak 64% masyarakat Indonesia dari seluruh lapisan belum terjamah akses keuangan. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya masyarakat, terutama yang tinggal di pedesaan dan pedalaman belum mengenal dunia perbankan.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, masih banyak masyarakat di daerah yang menyimpan uangnya di bawah bantal. Untuk itu, pihaknya akan fokus pada penyediaan akses keuangan bagi masyarakat di Tanah Air.

"Jadi supaya ada kejelasan kita menyediakan akses keuangan bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia secara luas. Karena sekarang baru 36% yang punya akses keuangan. Kan itu sedikit sekali," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (3/8/2016)

Dia mengatakan, hingga 2023 atau 7 tahun lagi pemerintah menargetkan 90% masyarakat Indonesia harus punya akses ke dunia keuangan. Agar pemerataan akses keuangan bisa maksimal hingga ke daerah terpencil.

"Fasilitas-fasilitas keuangan dan infrastrukturnya akan disiapkan oleh pemerintah dalam hal ini BI sebagai fasilitatornya bersama dengan bank-bank di Indonesia," terangnya.

"Akses jasa keuangan ini bukan berarti misalnya program bantuan sosial secara tunai tapi harus bantuan sosial dengan cara disiapkan fasilitas tabungan atau fasilitas akses keuangan, dan itu bisa membuat masyarakat nanti bisa lebih sejahtera," tandas Agus.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2215 seconds (0.1#10.140)