Darmin Sumringah Ekonomi RI Tumbuh di Atas Ekspektasi Pemerintah

Jum'at, 05 Agustus 2016 - 15:35 WIB
Darmin Sumringah Ekonomi RI Tumbuh di Atas Ekspektasi Pemerintah
Darmin Sumringah Ekonomi RI Tumbuh di Atas Ekspektasi Pemerintah
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution sumringah karena pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2016 di atas ekspektasi pemerintah. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat 5,18%, atau meningkat dibandingkan triwulan I mencapai 4,92%.

(Baca Juga: Ini Faktor Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II/2016)

Dia menerangkan, ada beberapa hal yang memang mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga di atas ekspektasi. Salah satunya memang seperti yang dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin bahwa utamanya didorong berdasarkan pergeseran panen raya tanaman pangan.

"Iya, kan saya sudah bilang bahwa malah lebih tinggi dari yang saya bilang. Saya bilang 5,1% jadi 5,18%, jadi memang sebenarnya urusan panen yang bergeser dari kuartal I ke kuartal II itu membuat pertumbuhan kuartal I tidak terlalu tinggi dan kuartal II kena pengaruhnya untuk kemudian naik," kata dia di kantornya, Jumat (5/8/2016).

(Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2016 Capai 5,18%)

Darmin melanjutkan, banyak data yang menunjukkan ekonomi Indonesia sudah menggeliat naik, apakah itu data ekspor impot atau yang lainnya. Namun masih harus dilihat dari satu kuartal.

"Jangan melihat setahun. Kalau year on year belum. Kalau satu kuartal memang naik, penjualan retail naik, mobil juga naik, kredit pertumbuhan juga naik walaupun enggak besar tapi naik 3 bulan terakhir, itu untuk menyimpulkan semuanya naik," tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5918 seconds (0.1#10.140)