Menteri Bambang: Semua Kementerian Terkena Pemangkasan Anggaran

Jum'at, 12 Agustus 2016 - 13:20 WIB
Menteri Bambang: Semua Kementerian Terkena Pemangkasan Anggaran
Menteri Bambang: Semua Kementerian Terkena Pemangkasan Anggaran
A A A
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro memastikan semua Kementerian kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan terkena pemangkasan anggaran. Hal ini sesuai keputusan dalam sidang kabinet beberapa waktu lalu yang memastikan bahwa potongan anggaran akan mencapai Rp133,8 triliun.

Angka tersebut merupakan hasil dari pemangkasan anggaran K/L dan transfer ke daerah yang akumulasinya mencapai Rp133,8 triliun. Rincian mengenai pemangkasannya akan dibahas siang ini di kantor Kemenko Perekonomian.

"Intinya semua kementerian terkena pemangkasan. Kan jumlahnya sudah diberitahu berapa. Angkanya juga sudah keluar, kan," kata dia di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Meski Bambang sudah menegaskan semua kementerian akan terkena pemangkasan anggaran, namun dia belum mau mengungkapkan kementerian mana saja yang akan terkena pemotongan tersebut. Dia mengatakan, hal ini menjadi wewenang dari Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Menurutnya, Menko Darmin lebih berhak untuk menyampaikan. "Nanti konpersnya sama Pak Menko (Darmin), beliau yang akan memaparkan secara rinci," katanya.

Sebagai informasi, anggaran belanja pemerintah yang akan dikurangi akibat hal tersebut sebesar Rp65 triliun, sementara dana transfer ke daerah dibabat hingga Rp68,8 triliun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6643 seconds (0.1#10.140)