Sri Mulyani: Banyak Pemda Keberatan Pemangkasan Anggaran

Selasa, 13 September 2016 - 15:22 WIB
Sri Mulyani: Banyak Pemda Keberatan Pemangkasan Anggaran
Sri Mulyani: Banyak Pemda Keberatan Pemangkasan Anggaran
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, banyak pemerintah daerah (Pemda) yang mengeluh lantaran anggaran daerah dipangkas oleh pusat. Mereka meminta agar pemotongan anggaran daerah tidak dipangkas, karena bisa mengganggu kinerja daerah.

Namun,dia tidak menyebutkan pemda mana saja yang mengajukan keberatan atas pemotongan anggaran tersebut. Menkeu hanya memberikan sinyal bahwa pemda-pemda tersebut memang saat ini sedang melakukan proses pembangunan di daerahnya.

"Pemda yang sudah dilakukan penundaan belanja, itu banyak yang meminta untuk tidak dilakukan pemotongan. Mereka merasa ini bisa berpotensi mengganggu aktivitas daerah mereka. Apalagi sebagian ada yang sedang membangun," katanya di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Menurutnya, dengan adanya situasi ini, pemerintah terutama Kementerian Keuangan mengerti dengan adanya keberatan tersebut. Namun, Sri Mulyani juga berharap bhwa Pemda mengerti dengan kondisi keuangan negara. "Kami juga sangat memahami itu, namun Kemenkeu juga menyampaikan kondisi yang kita hadapi sebagai negara," ujarnya.

‎Menkeu memastikan, pemotongan anggaran tidak akan mengganggu tugas dan fungsi Pemda. Termasuk target-target tahun ini. Maka, pihaknya akan melakukan komunikasi ke pemda agar mengerti kondisi ekonomi saat ini.

"Jadi, kita juga harus berkomunikasi kepada semuanya mengenai kondisi keuangan negara, keterbatasan penerimaan, dan kemudian menyerahkan kepada seluruh instansi untuk melakukan prioritas dari sisi belanja. Itu dilakukan semua," kata dia.

Proses ini, diyakini akan berjalan lancar asalkan semuanya bisa bekerja sama dengan baik. "Jadi, kita ingin bekerja sama dengan baik, dan kami memastikan kegiatan mereka tidak terganggu. Namun, di sisi lain kita juga harus amankan APBN," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6260 seconds (0.1#10.140)