Begini Cara Antam Menambang Emas

Rabu, 14 September 2016 - 20:03 WIB
Begini Cara Antam Menambang...
Begini Cara Antam Menambang Emas
A A A
JAKARTA - VP Operation Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Rustaman mengatakan, proses awal perusahaan menambang emas yakni dengan melakukan pemboran. Setelah itu kemudian diledakkan menggunakan dinamit.

(Baca: Mengintip Tambang Emas Antam Paling Dekat dari Jakarta)

Dia menjelaskan, tempat yang telah diledakkan tersebut akan diberi penyangga baja. Tujuannya agar bebatuan di sekitar titik ledakan tidak roboh.

"Siklus penambangan intinya dibor, ledakan gunakan dinamit, diamankan penyangga. Batuan yang diledakkan diambil pakai alat transportasi," ujarnya di Bogor, Rabu (14/9/2016).

Batuan yang ada emasnya itu, lanjut Rustaman, diambil untuk diolah. Sementara, sisa bekas lubang ledakan ditambal kembali memakai batuan yang tidak terpakai lagi.

"Lakukan pengolahan dan yang sudah dironggakan diisi rongganya. Diisi material hasil kegiatan produksi yang sudah tidak ada emasnya," tuturnya.

Sementara, untuk batuan yang baru diambil akan dihaluskan menggunakan bahan kimia. Hal ini untuk memisahkan kandungan emas di dalam. "Diremukan, dihaluskan, dikasih bahan kimia pakai material karbon untuk lepaskan logam emas. Akhirnya dilakukan peleburan," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0695 seconds (0.1#10.140)