Kasir Tidak Boleh Tolak Uang Jelek

loading...
Kasir Tidak Boleh Tolak Uang Jelek
Kasir Tidak Boleh Tolak Uang Jelek
PEKALONGAN - Bank Indonesia kembali menegaskan kebijakannya soal mata uang Rupiah. Sebagai simbol negara, para kasir dari berbagai lembaga keuangan, terutama bank tidak boleh menolak uang rupiah dari nasabah kendati kondisinya jelek atau rusak. Hal tersebut ditandaskan Wakil Kepala Perwakilan BI Tegal, Gunawan Purbowo.

Untuk mensosialisasikannya, BI mengadakan pelatihan kepada para kasir dari lembaga keuangan demi meningkatkan kesadaran soal rupiah, termasuk ketrampilan mereka dalam mengenal uang asli dan uang palsu. Sehingga para kasir dapat melayani para nasabah tanpa kekeliruan.

"Dan yang terpenting meningkatkan kecintaan dan kepedulian kita, begitu juga masyarakat terhadap mata uang negara kita rupiah," ujarnya saat pelatihan refreshment kebijakan BI bidang pengedaran uang di Hotel Santika Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (24/9/2016).

Sebab, lanjut dia, kepedulian masyarakat terhadap Rupiah masih rendah. Padahal mata uang Rupiah sudah ditetapkan sebagai simbol negara sesuai Undang-undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011.



"Namun selama ini perlakuannya jauh dari yang diharapkan jika dibandingkan dengan bendera kita Merah Putih. Contohnya, kalau ada yang tidak menghargai bendera Merah Putih, otomatis banyak yang marah. Tapi kalau uang kita lusuh atau jelek, tidak ada yang marah. Kan sama-sama simbol negara, jadi sama pentingnya dengan bendera Merah Putih," terangnya.

Contoh lain adalah banyaknya warga negara Indonesia yang menggunakan mata uang ringgit di daerah perbatasan untuk bertransaksi sehari-hari. Sehingga, perlu ada perubahan pola pikir masyarakat Indonesia tentang mata uang Rupiah itu sendiri.

"Gambarnya uang kita kan juga pahlawan-pahlawan nasional. Di sini ujung tombaknya adalah kasir. Jadi kalau kasirnya tidak peduli, bagaimana masyarakatnya. Jadi perlu mengubah mindset kasir, baik dari perbankan maupun kasir lembaga keuangan lainnya termasuk pedagang pasar modern, ritel, sampai SPBU juga," jelasnya.



Dan para kasir seharusnya menahan uang yang jelek atau rusak dari nasabah. Bukan malah menolak uang rusak tersebut dari nasabahnya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top