Menko Darmin Minta Waspadai Cabai

Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:32 WIB
Menko Darmin Minta Waspadai Cabai
Menko Darmin Minta Waspadai Cabai
A A A
JAKARTA - Musim hujan yang terjadi belakangan ini mendapat sorotan dari Menko Perekonomian Darmin Nasution. Bukan bermaksud ikut-ikutan meramal cuaca. Bekas Gubernur Bank Indonesia ini mengaitkan musim hujan dengan persoalan pangan.

Darmin mengatakan persoalan pangan yang musti diwaspadai dalam tiga bulan ke depan adalah soal cabai. Pasalnya, bulan-bulan ini hingga beberapa bulan ke depan, Indonesia akan mengalami musim hujan, dan tak jarang terjadi banjir yang mengakibatkan gagal panen.

Darmin khawatir, jika hujan lebat terjadi terus menerus akan berdampak pada rusaknya tanaman cabai. Sehingga mengganggu suplai dan akan mengakibatkan kenaikan harga tak terkendali di pasaran.

"Ini ‎cabai yang masalah (kalau musim hujan), kenapa? Karena cabai kalau datang hujan, busuk, bunganya rontok, bisa berkurang suplainya," kata Darmin di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Pria asal Tapanuli ini menjelaskan, cabai, kondisinya tidak sama seperti beras. Darmin menilai beras asal tidak dihujani dengan deras tidak masalah. Asal juga jangan setiap hari hujannya.

"Kalau beras, kita tidak masalah. Tapi harga cabai ini agak goyang-goyang sedikit, wah itu masalah hehe," kata dia. Namun, Darmin berpandangan, kalaupun terpaksa pemerintah Indonesia harus melakukan impor cabai, tetap saja percuma lantaran hasil dan kualitas cabai Indonesia tetap paling banyak dan bagus.

"Masalahnya dengan cabai ini, kalaupun mau impor juga enggak ada yang menghasilkan banyak dan kualitasya bagus seperti kita," kata dia.

Darmin pun mengimbau agar masyarakat khususnya ibu-bu agar mau berusaha untuk menanam cabai. Setidaknya untuk pemenuhan kehidupan mereka yang gemar makanan pedas.

"Jadi kita berusaha mendorong saja orang menanam, menanamnya di lereng sehingga dampak hujannya enggak besar. Tapi kalau dampaknya susah dihindarkan, apa boleh buat," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5653 seconds (0.1#10.140)