Ignasius Jonan Sosok Fenomenal

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 16:00 WIB
Ignasius Jonan Sosok Fenomenal
Ignasius Jonan Sosok Fenomenal
A A A
BARU tiga bulan tekena reshuffle, Ignasius Jonan kembali masuk dalam jajaran Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Jonan yang dikenal sosok fenomenal, kini menduduki jabatan baru sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Adalah Dahlan Iskan, yang membawa garis tangan Jonan ke jalur birokrasi saat bos Jawa Pos Group itu menjabat sebagai menteri BUMN. Jonan yang selama ini bergelut di bidang keuangan dengan jabatan terakhir sebagai Managing Director Citibank/Citigroup pada 2006-2009, didapuk Dahlan untuk mengisi posisi direktur utama PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Dahlan kala itu memiliki visi, jika perusahaan BUMN ingin maju harus diisi anak-anak muda yang cerdas. Kala itu Jonan masuk radar, dan sukses membenahi manajemen dan pelayanan PT KAI.

Namun, di balik itu semua ada sisi yang menarik dari sosok Jonan. Sebagai pejabat publik dia dinilai kurang senyum, sehingga diminta untuk lebih sering bermuka ramah.

Dahlan memandang secara kinerja Jonan sebenarnya baik dan banyak prestasi, namun kurang senyum. Jonan pun sering mengirimi Dahlan foto-foto dirinya yang sedang tersenyum hingga dianggap layak oleh Dahlan.

Pada 4 Agustus 2014, berita diramaikan oleh foto Ignasius Jonan yang tertidur di bangku kereta ekonomi. Pihak KAI menyatakan, bahwa foto tersebut bukanlah pencitraan karena hanya kebetulan diambil dan menyebar. Disebutkan, setelah sampai di tujuan sekitar pukul 23.00 WIB, Jonan kala itu langsung memimpin rapat evaluasi layanan kereta api di Surabaya. Banyak pihak memuji pelayanan kereta lebih baik di bawah kepemimpinan Jonan.

Dalam acara CEO Speaks on Leadership Class, Jonan menyatakan "Leadership is a half talent, a half journey." Kepemimpinan adalah paduan bakat dan pengalaman. Dia menyebutkan, lebih memilih kepemimpinan yang berorientasi pada hasil, bukan mementingkan proses, dengan syarat tidak boleh melanggar hukum dan etika.

Berkat kinerjanya yang apik, pria kelahiran Singapura, 21 Juni 1963 ini didapuk Presiden Jokowi sebagai menteri perhubungan (menhub), pada 27 Oktober 2014 hingga 25 Juli 2016. (Berbagai Sumber)

Data Pribadi

Nama Lengkap: Ignasius Jonan
Tanggal Lahir: Jumat, 21 Juni 1963
Agama: Katolik
Istri: Ratnawati Jonan
Anak: Monica, Caterine

Perjalanan Karier:
- Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia ke-22, pada 25 Februari 2009–27 Oktober 2014)
- Menteri Perhubungan Indonesia ke-37, pada 27 Oktober 2014-25 Juli 2016)
- Managing Director Citibank/Citigroup, pada 2006-2009
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4365 seconds (0.1#10.140)