Kereta Api Kelas Bisnis Jurusan Ini Dihapus

Selasa, 18 Oktober 2016 - 13:26 WIB
Kereta Api Kelas Bisnis Jurusan Ini Dihapus
Kereta Api Kelas Bisnis Jurusan Ini Dihapus
A A A
JAKARTA - PT Kerata Api Indonesia (KAI) menghapus rangkaian bisnis di sejumlah kereta jarak sedang dan dekat. Langkah ini diambil demi meningkatkan minat penumpang terhadap perjalanan kereta api.

"Perjalanan kereta jarak sedang dan dekat lebih di sukai masyarakat menggunakan kereta kelas ekonomi, harga jauh lebih murah," tutur Kadaop I John Roberto, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

John mengaku, perubahan ini bukan tanpa sebab. Hasil kesimpulan dan survei yang dilakukan pihaknya terhadap penumpang di beberapa perjalanan, seperti Jakarta, Cirebon, Bandung, dan Tegal menjelaskan bahwa mereka cukup nyaman dengan kondisi gerbong kereta ekonomi new image.

Bahkan, beberapa di antara penumpang menyarankan untuk menambah gerbong ini pada rangkaian kereta. "Karena itu, menilik dari hal itu, pusat memutuskan menghapuskan gerbong bisnis di beberapa perjalanan," tambahnya.

John menjabarkan kelas bisnis yang dihapus diantaranya, kereta Tegal Bahari (Jakarta-Tegal), kereta Cirebon Ekspress (Jakarta-Cirebon) yang dimulai Sabtu (15/10/2016) dan Kereta Parahyangan (Jakarta-Bandung) mulai Selasa (18/10/2016). Namun, John memastikan pemberangkatan kereta tetap dilakukan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Senior Manager Humas Daop I Sapto Hartoyo menambahkan, yang membedakan gerbong kereta ekonomi new image dengan ekonomi ultimate yakni posisi tempat duduk. Pada tempat duduk ekonomi new image, kursi dua dua dengan jumlah 80 tempat duduk.

Sementara, gerbong ekonomi ultimate tempat duduk masih tiga dua dengan jumlah 106 tempat duduk. "Tapi, kalau di bandingkan bisnis, tempat duduknya tidak bisa diputar," ucap Sapto.

Melihat dari perubahan kelas, Sapto menambahkan, otomatis harga akan mengalami perubahan, yakni 50% lebih murah dibanding kelas bisnis. Kondisi ini membuat peningkatan jumlah penumpang menjadi meningkat.

Meski demikian, terhadap semua penumpang yang lebih dahulu membeli tiket, Sapto memastikan PT KAI akan memberikan jaminan pengembalian uang. Karenanya, para penumpang yang telah membeli tiket segera melaporkan hal ini kepada loket loket stasiun terdekat.

Sapto melanjutkan, terhadap kereta jarak jauh, Fajar Utama (Jakarta-Yogyakarta), KAI juga menghapuskan kelas ekonomi new image dan menggantinya ke kelas bisnis.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6037 seconds (0.1#10.140)