Hunian Berkonsep TOD Incaran Pasangan Muda

Rabu, 02 November 2016 - 04:06 WIB
Hunian Berkonsep TOD Incaran Pasangan Muda
Hunian Berkonsep TOD Incaran Pasangan Muda
A A A
JAKARTA - Indonesia Property Watch (IPW) mengemukakan hunian berkonsep transit oriented development (TOD) paling diminati di masa mendatang. Apalagi hunian yang umumnya berupa apartemen itu kini menjadi incaran pasangan muda.

"Pasar apartemen saat ini bergeser kepada pasangan muda dari segmen menengah dengan harga berkisar Rp300 sampai dengan Rp500 juta per unit, yang selama ini luput digarap pengembang," ujar Direktur Eksekutif IPW Ali Tranghanda di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Lokasi yang menjadi incaran pasangan muda dari segmen menengah ini di antaranya Jakarta Barat sampai ke Kabupaten Tangerang, Timur sampai ke Bekasi, sedangkan Selatan sampai ke Cibubur dan Cimanggis.

Hal ini karena harga unit apartemen di daerah-daerah tersebut masih terjangkau ketimbang harus memilih di pusat Jakarta yang harganya sudah terlalu tinggi. Kemudian, memiliki akses angkutan umum yang akan membawa mereka berkerja ke Jakarta.

Salah satu pengembang yang gencar menggarap hunian berorientasi angkutan atau Transit Oriented Development (TOD), adalah PT Agung Poromoro Land Tbk. "Salah satu hunian yang menggunakan konsep ini serta sedang dalam tahap konstruksi adalah Podomoro Golf View (PGV) berlokasi di Cimanggis, Jawa Barat, tepatnya berada sebelah kiri gerbang keluar Cimanggis Tol Jagorawi," ujar Assistant Vice President Residential APL, Agung Wirajaya.

Sesuai dengan konsep TOD, pembangunan Podomoro Golf View akan diintegrasikan dengan Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan Jakarta-Bogor di mana saat ini dalam tahap konstruksi. Pembangunan Podomoro Golf View ditujukan untuk mendukung program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah.

Ke depan di dalam kawasan seluas 60 hektare tersebut akan bangun 24 tower apartemen yang berarti terdapat 37.000 unit tempat tinggal serta 100.000 jiwa penghuni dengan asumsi 1 unit dihuni 3 orang.

Sampai saat ini, telah terjual 80% untuk tiga tower tahap I. Untuk selanjutnya APL tengah mempersiapkan tahap berikutnya seiring animo masyarakat yang masih sangat tinggi karena harga jualnya sangat terjangkau mulai Rp330 juta.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6303 seconds (0.1#10.140)