Demo 4 November Bukan Penyebab Utama Rupiah Melemah

Jum'at, 04 November 2016 - 13:41 WIB
Demo 4 November Bukan Penyebab Utama Rupiah Melemah
Demo 4 November Bukan Penyebab Utama Rupiah Melemah
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengungkapkan, demo 4 November bukan penyebab utama melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hingga hari ini. Namun, pelemahan ini akibat sentimen global dan juga dialami negara-negara regional seperti Eropa dan Asia.

(Baca: Rupiah dan IHSG Siang Ini Masih Betah di Zona Merah)

"Rupiah memang masih melemah sampai hari ini. Kita lihat sementara itu sisi bursa saham kemarin ditutup merah hampir 1% dan penutupannya agak dalam. Memang koreksinya banyak tapi bukan kebanyakan dari domestik. Karena regional juga melemah," kata dia kepada Sindonews, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Menurutnya, faktor global menjadi pemicu utama rupiah melemah sejak kemarin. Jika dilihat hasil sidang FOMC meeting beberapa hari lalu, Ketua Federal Reserve (The Fed) Janet Yellen yang sempat memberikan pernyataan lebih kompleks. "Dia memberikan pernyataan lebih variatif dibanding rapat-rapat sebelumnya," kata dia.

Selain itu, dengan isu kenaikan suku bunga The Fed yang menjadi pemicu, meskipun baru akan naik di akhir tahun. "Itu probability kenaikannya sekarang sudah 80%. Saya pikir itu juga pemicu ya. Jadi yang saya lihat bukan karena demo hari ini, melainkan karena faktor-faktor global kebanyakan," pungkas Josua.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8507 seconds (0.1#10.140)