Perum Damri Bukukan Kenaikan Laba Signifikan Tahun Ini

Selasa, 22 November 2016 - 23:10 WIB
Perum Damri Bukukan Kenaikan Laba Signifikan Tahun Ini
Perum Damri Bukukan Kenaikan Laba Signifikan Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Perusahaan umum (Perum) Damri berhasil mencetak kinerja positif selama 5 tahun terakhir. Ini dibuktikan perusahaan sukses membukukan kenaikan laba siginifikan pada tahun ini.

Direktur Keuangan Perum Damri Sri Purwanto mengemukakan, hingga September 2016 perusahaan berhasil meraih laba sebesar Rp44,33 miliar atau melonjak cukup signifikan dibandingkan akhir 2015, yang hanya meraup laba Rp2,91 miliar.

"Kita ada tujuh segmen usaha, yang memberi kontribusi pendapatan terbesar yaitu angkutan bandara, layanan antara kota jangka pendek seperti Gambir-Lampung, dan layanan antara negara misalnya dari Pontianak-Kuching," ujarnya, di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

"Makanya kalau dibilang apakah masih merugi, ya kami akan bilang selama beberapa tahun ini kami sudah untung sebetulnya. Maka kami rasa ini waktunya untuk go public," lanjutnya.

‎Peningkatan laba ini, kata Sri Purwanto, tidak lantas membuat Perum Damri puas. Perusahaan terus melakukan perbaikan layanan dan peningkatan kualitas dari berbagai sisi.

"Kita rombak strategi peningkatan kinerja, dari segi layanan kita perbaiki. Awak sopir juga sekarang sudah tertib dan memiliki kompetensi baik. Kemudian efisiensi dalam hal jalur dan peningkatan SDM secara keseluruhan menjadi fokus kami untuk meningkatkan laba," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Keselamatan dan Pelayanan Perum Damri, Gede Pasek Swardika mengatakan, ada beberapa hal penting yang mengatrol peningkatan laba perusahaan tahun ini. Antara lain, jumlah isian penumpang. Jika di perusahaan transportasi swasta penumpang bus tak sampai 10 penumpang, bus tersebut pasti tidak akan jalan atau dialihkan ke bus lain.

"Berbeda dengan Damri. Banyak masyarakat yang percaya dengan Damri. Ini kita manfaatkan dan membuat kami bangga dibandingkan swasta. Isian penumpang kami rata-rata mencapai 70%," ungkapnya.

Selain itu, ada beberapa rute sedang antar-daerah dan antar-negara yang menopang kinerja perusahaan. "Misalnya dari Lampung mereka mau ke Jakarta, mereka pasti naik Damri karena percaya sama kita. Kemudian angkutan antar negara, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam, Damri itu termasuk transportasi favorit. Itu juga memberikan benefit buat kita," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8331 seconds (0.1#10.140)