Pertumbuhan Industri Ritel RI Jauh Lebih Baik Dibanding AS

Rabu, 28 Desember 2016 - 15:29 WIB
Pertumbuhan Industri Ritel RI Jauh Lebih Baik Dibanding AS
Pertumbuhan Industri Ritel RI Jauh Lebih Baik Dibanding AS
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengklaim bahwa pertumbuhan industri ritel di Indonesia jauh lebih baik dibanding industri ritel di Amerika Serikat (AS). Tahun ini, pertumbuhan ritel di Indonesia diperkirakan akan mencapai 10%, sementara tahun 2015 hanya sekitar 8%.

(Baca Juga: Pengusaha Optimistis Industri Ritel Tumbuh 10% Tahun Ini)

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengungkapkan, industri ritel di Negeri Paman Sam -julukan AS- saat ini hanya tumbuh sekitar 0,1%. Karena itu, Indonesia jauh lebih baik dibanding AS dalam hal pertumbuhan industri ritel. "Industri ritel laporan terakhir AS pertumbuhan ritelnya hanya 0,1%," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Tak hanya itu, pertumbuhan ritel di Indonesia juga jauh lebih baik dibanding beberapa negara di ASEAN. Contohnya Singapura, saat ini industri di Negeri berjuluk Singa Putih tersebut tengah terseok-seok.

Menurunnya kinerja industri ritel di Singapura, sambung Roy, juga diikuti dengan pengurangan tingkat tenaga kerja di industri-industri tersebut. Sebab, harga produk yang sangat tinggi di Singapura menyebabkan negara tersebut juga harus melakukan penyesuaian ketika industrinya meredup seperti sekarang ini.

"Karena pricing di Singapura itu sudah sangat dalam posisi tertinggi dan ketika mereka turun harus ada eskalasi, pengurangan produktifitas, dan tenaga kerja. Sehingga sangat tidak mungkin harga bisa turun lagi di Singapura. Tapi di Indonesia masih sangat bagus, apalagi didukung inflasi," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7027 seconds (0.1#10.140)