Libur Akhir Tahun, Bandara Silangit Alami Lonjakan Penumpang

Rabu, 28 Desember 2016 - 22:38 WIB
Libur Akhir Tahun, Bandara Silangit Alami Lonjakan Penumpang
Libur Akhir Tahun, Bandara Silangit Alami Lonjakan Penumpang
A A A
DOLOK SANGGUL - Bandar Udara (Bandara) Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dalam sepekan terakhir mengalami lonjakan penumpang. Dalam sepekan belakangan, bandara ini melayani sekitar 1.100 penumpang per hari.

Kepala Bandara Silangit, Hotasi Manalu mengatakan bahwa penambahan penumpang disebabkan tingginya peminat penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit pada libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Hotasi menambahkan, saat ini ada dua maskapai nasional yang melakukan penambahan jadwal penerbangan, yaitu Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia. Sriwijaya Air menambah dua maskapai dalam sehari dan Garuda Indonesia menambah 18 penerbangan dalam 20 hari.

“Untuk Sriwijaya dari yang dulunya hanya dua penerbangan per hari saat ini empat penerbangan per hari. Sementara Garuda Indonesia untuk tujuan Medan mengalami penambahan penerbangan 12 kali dalam 20 hari dan enam kali penerbangan dalam dua puluh hari untuk tujuan Jakarta,” katanya kepada KORAN SINDO MEDAN di Doloksanggul, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Rabu (28/12/2016).

Biasanya menurut Hotasi, penumpang yang dilayani di Silangit rata-rata 700 penumpang per hari. Dengan perhitungan 350 penumpang untuk kedatangan dan 350 penumpang untuk keberangkatan. “Untuk memaksimalkan pelayanan penerbangan, mengingat tingginya penumpang maka kami dari Angkasa Pura II telah menyediakan ruang tunggu tambahan dengan menggunakan fasilitas ruang non permanen yang dilengkapi berbagai fasilitas kebutuhan penumpang,” terangnya.

Hotasi memaparkan bahwa selain penambahan ruang tunggu, pihaknya juga melakukan penambahan personel petugas keamanan. Penambahan pengamanan merupakan ketentuan dari pelayanan AP II selaku penyedia pelayanan penerbangan di Silingit. “Kami menambah dua personel dari kepolisian dan dua dari TNI. Keseluruhannya bekerja untuk menjamin keamanan selama lonjakan penumpang,” paparnya.

Sementara itu salah seorang penumpang asal Jakarta menuju Sidikalang Dairi, Lambertus AS, 45, mengatakan bahwa dirinya dan keluarga memilih penerbangan dari dan tujuan Silangit karena kemudahan untuk menjangkau kampung halaman. Dia berharap penerbangan di Bandara Silangit semakin dibenahi karena sangat membantu kemajuan daerah.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5970 seconds (0.1#10.140)