Harga Cabai Masih Naik Dua Kali Lipat, Mentan Klaim Ada Penurunan

Minggu, 08 Januari 2017 - 09:09 WIB
Harga Cabai Masih Naik Dua Kali Lipat, Mentan Klaim Ada Penurunan
Harga Cabai Masih Naik Dua Kali Lipat, Mentan Klaim Ada Penurunan
A A A
MAROS - Harga cabai masih meningkat dua kali lipat di Pasar Sentral Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, meski tidak setinggi pada beberapa wilayah lain di Indonesia yang mencapai di atas Rp120.000 perkilogram. Sementara itu Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengklaim harga cabai telah kembali normal di angka kisaran Rp30.000 hingga Rp40.000 per Kg.

Di sisi lain klaim Mentan Amran belum terbukti, lantaran saat ini harga cabai di Kabupaten Maros masih berada di angka Rp80.000 per Kg. Harga ini naik dua kali lipat, dimana sebelumnya cabai di Maros dihargai Rp30 ribu hinga Rp40 ribu perkilogramnya. "Kondisi ini sudah berlangsung selama beberapa hari lalu, sejak curah hujan tinggi di Sulawesi Selatan termasuk di Kabupaten Maros," ucap Hajrah salah seorang pedagang di Pasar Sentral Maros, Minggu (8/1/2017).

Pedagang juga menerangkan hingga saat ini belum ada tanda-tanda penurunan harga cabai tersebut. Meski harganya meningkat dua kali lipat dari harga normal, namun komoditas cabai masih tetap diminati oleh warga. Hanya saja warga mengeluhkan tingginya harga cabai yang semakin hari semakin naik.

"Di Maros cabai dipasok dari beberapa wilayah lainnya di Sulawesi Selatan. Pasalnya produksi cabai di kabupaten ini masih terbilang rendah, sehingga tidak mencukupi kebutuhan warga lokal. Belum lagi puluhan hektar ladang cabai di kabupaten maros, gagal panen akibat cuaca," jelas penjual Cabai Abdul Hajar.

Sementara sebelumnya Mentan Andi Amran Sulaiman mengatakan tidak percaya dengan kabar kenaikan harga cabai di sejumlah daerah, yang mana harga cabai hingga tembus Rp2000.000 per kilogram (kg). Dia menerangkan telah mengecek langsung kepada Kepala Dinas Pertanian di daerah, bahwa harga cabai berkisar di level Rp40.000 per kg.

“Ini kami sudah kroscek (harga cabai). Kami lihat berita tadi pagi bahwa harga cabai di Samarinda Rp200 ribu per kilogram. Tolong, ini kami luruskan. Ada kadisnya di sini, harganya Rp40 ribu,” terang Mentan Amran.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9142 seconds (0.1#10.140)