Hama Jamur Masih Terus Menyerang Cabai

Selasa, 10 Januari 2017 - 23:03 WIB
Hama Jamur Masih Terus Menyerang Cabai
Hama Jamur Masih Terus Menyerang Cabai
A A A
JOMBANG - Hama jamur atau petek terus menyerang tanaman cabai petani di Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Para petani berharap dinas pertanian segera turun dan membantu mereka mengatasi serangan hama tersebut.

Buah cabai yang masih belum waktunya di panen, mendadak membusuk dan mengering. Untuk mengurangi tingkat kerugian, para petani terpaksa melakukan panen lebih awal dan beradu cepat dengan hama yang menyerangnya.

Meski mayoritas cabainya masih berwarna hijau, para petani nekat memanennya. Sebab jika menunggu berwarna merah, mereka khawatir cabainya akan keburu membusuk.

Serangan hama seperti ini menurut petani sering terjadi, terutama jika curah hujan terlalu tinggi. Untuk menanggulanginya, mereka terpaksa harus menyemprot tanaman cabai dengan berbagai obat-obatan yang diperlukan setiap hari. Akibatnya, harga cabai menjadi naik karena biaya merawat dan menyelamatkannya dari serangan hama juga tinggi.

Di wilayah Kabupaten Jombang, harga cabai dari petani yang masih hijau atau dipanen dini hanya sekitar Rp60.000 per kilogram. Sedangkan jika sudah berwarna merah, harganya berkisar antara Rp70.000 hingga Rp80.000 per kilogram. Setelah masuk ke pasar, harga cabai melonjak antara Rp100.000 hingga Rp120.000 per kilogram.

Subandi, salah seorang petani mengaku kewalahan menghadapi serangan hama petek yang terus menyerang tanaman cabainya saat ini. “Saya minta dinas pertanian turun tangan membantu mengatasi serangan hama petek,” ujarnya kepada MNC Media, Selasa (10/1/2017).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9001 seconds (0.1#10.140)