Menko Darmin Sebut Kelapa Sawit Berkah bagi Ekonomi RI

Kamis, 02 Februari 2017 - 16:52 WIB
Menko Darmin Sebut Kelapa Sawit Berkah bagi Ekonomi RI
Menko Darmin Sebut Kelapa Sawit Berkah bagi Ekonomi RI
A A A
JAKARTA - Kelapa Sawit menjadi komoditas andalan bagi Indonesia, hal ini terbukti dari produk-produk turunan kelapa sawit yang memberikan kontribusi ekspor sebesar 75% dari sektor non migas. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, komoditas kelapa sawit menjadi penting bagi perekonomian. Oleh karena itu, pemerintah fokus mendorong kemajuan industri kelapa sawit nasional.

"Kita menyadari bahwa kelapa sawit adalah suatu berkah bagi Indonesia. Dari 8 komoditas perkebunan, kelapa sawit menjadi andalan dan kebanggaan kita. Oleh karena itu, kita mencoba memperhatikan dan mempelajari faktor apa saja kekurangan yang ada di perkebunan kelapa sawit yang tidak ada di perkebunan lain," ujar dia pada Pertemuan Nasional Sawit Indonesia 2017 di Jakarta, Selasa (2/2/2017).

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit Bayu Krisnamurthi mengatakan, kinerja ekspor sawit mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Pada tahun 2016, ekspor sawit tercatat USD17,8 miliar, naik dibandingkan tahun 2015 sebesar USD16,5 miliar. "Kontribusi sawit mencapai 12,3% terhadap pendapatan negara," ungkapnya.

Bayu melanjutkan, tahun 2016 ekspor Indonesia dari produk hilir sawit sebesar 76,4% dari total ekspor. Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat nilai ekspor sawit berkontribusi cukup besar pada tahun 2016. Salah satunya pada konferensi sawit di Kuala Lumpur, Bali dan Pakistan yang digelar tahun lalu. Dalam pertemuan tersebut semua negara sepakat kenaikan harga sawit karena adanya kebijakan oleh Indonesia.

"Saya selalu mengingatkan kepada semua produsen agar jangan terlena dengan kenaikan harga sawit karena yang harus dijaga adalah daya saing produk sawit. Selisih harga sawit dengan harga-harga minyak nabati lain harus terjaga cukup kompetitif," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6899 seconds (0.1#10.140)