Kekompakan Jadi Alasan Pencopotan Dirut dan Wadirut Pertamina

Jum'at, 03 Februari 2017 - 14:04 WIB
Kekompakan Jadi Alasan Pencopotan Dirut dan Wadirut Pertamina
Kekompakan Jadi Alasan Pencopotan Dirut dan Wadirut Pertamina
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) secara mengejutkan mencopot dua direksinya, yakni Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama dan Ahmad Bambang sebagai Wakil Direktur Utama. Salah satu alasan pencopotan dua direksi tersebut adalah karena kekompakan antara keduanya yang kurang maksimal.

(Baca Juga: Posisi Wakil Direktur Utama Pertamina Kembali Dihapus)

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lain Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo mengatakan, perombakan direksi ini didasari karena Pertamina ingin kerja sama dan kekompakan antara manajemen harus dijaga dengan baik. Namun, dia membantah jika dikatakan Dirut tidak bisa mengurus Wadirut sebagai bawahannya.

"Bukan (Dirut tidak bisa urus Wadirut). Kalau sebagai itu kan pasti dia akan loyal sama dibawahnya. Itu kan masalah kerja sama dan kekompakan perlu dijaga," katanya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Menurutnya, jika manajemen tidak berani mengambil keputusan maka akan banyak proyek-proyek perseroan yang tertunda. Karena itu, dibutuhkan struktur manajemen yang dapat cepat mengambil keputusan.

"Jadi kalau misalnya manajemen enggak berani mengambil keputusan banyak yang tertunda, maka proyek itu akan tertinggal. Jadi masalah kecepatan mengambil keputusan itu akan menentukan Pertamina ke depan," imbuh dia.

Gatot menegaskan, keputusan perombakan direksi ini tidak secara tiba-tiba. Dia juga membantah pencopotan Ahmad Bambang sebagai Wadirut ada kaitannya dengan kasus korupsi yang melibatkannya. "Enggak (tiba-tiba), sebenarnya sudah lama. Enggak ada hubungan sama sekali (dengan kasus Ahmad Bambang di kejaksaan)," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8748 seconds (0.1#10.140)