Penyebab Harga Cabai Rawit Merah di DIY Masih Tinggi

Senin, 06 Februari 2017 - 11:52 WIB
Penyebab Harga Cabai Rawit Merah di DIY Masih Tinggi
Penyebab Harga Cabai Rawit Merah di DIY Masih Tinggi
A A A
YOGYAKARTA - Masih tingginya harga cabai rawit merah di Yogyakarta disebabkan panjangnya rantai distribusi komoditas ini. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan, sebenarnya pasokan cabai rawit di wilayah ini cukup bahkan cenderung berlebih.

(Baca Juga: Harga Cabai Rawit Merah di Yogyakarta Kembali Melonjak)

Ketua 3 TPID DIY Budi Hanoto mengatakan, pasokan cabai rawit merah di DIY lebih dari cukup dengan luas panenan yang ada. Tingginya harga cabai rawit merah ini akibat dari sistem distribusi cabai rawit yang harus ke luar daerah terlebih dahulu akibat harga cabai di luar daerah lebih tinggi.

"Pasokan cabai itu cukup jika dari DIY saja, meski ada yang didatangkan dari Muntilan Jawa Tengah," tuturnya di Yogyakarta, Senin (6/2/2017).

Semenjak harga cabai rawit merah di luar daerah masih tinggi, maka sebagian besar cabai rawit dari DIY lari ke luar daerah. Dan cabai rawit asal DIY yang lari ke luar daerah tersebut kembali ke pasar tradisional sudah dengan harga cukup tinggi. Akibatnya, harga cabai rawit merah di pasar tradisional enggan turun kembali.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5668 seconds (0.1#10.140)