Sri Mulyani Genjot Basis Tax Amnesty Jelang Akhir Periode

Selasa, 07 Februari 2017 - 12:05 WIB
Sri Mulyani Genjot Basis Tax Amnesty Jelang Akhir Periode
Sri Mulyani Genjot Basis Tax Amnesty Jelang Akhir Periode
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, akan tetap fokus melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha menjelang akhir periode program pengampunan pajak atau tax amnesty pada Maret 2017. Fokus lainnya yakni untuk membangun dasar pengenaan pajak atau tax base (basis pajak).

"Kita akan tetap, ini periode terakhir, kita akan menyampaikan pada pelaku ekonomi terutama menengah dan profesi. Fokus kita pada 2017 adalah lebih menjaga atau membangun tax base," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Seperti diketahui belakangan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) menyasar Wajib Pajak (WP) profesi dengan pendekatan melalui asosiasi, seperti profesi notaris, seniman, pengacara, konsultan, konstruksi, dokter dan akuntan. Selain itu DJP juga memetakan sumber-sumber tax base baru dari data kekayaan yang sudah dilaporkan para wajib pajak pada SPH maupun data lainnya.

Sri Mulyani menjelaskan, akan lebih mendalam dalam melakukan identifikasi terhadap pelaku, subjek, dan objek pajak. Sektor-sektor yang sudah menggerakan pertumbuhan ekonomi juga diharapkan bisa meningkatkan penerimaan pajak.

"Yang kita lakukan membaca data dan mengidentifikasi pelaku, subjek maupun objek pajak. Objek kita lihat dari statistik per sektoral dan regional, kita harapkan ekonomi yang selama ini mengenerate GDP growth juga mengenerate tax supaya kita punya basis pajak yang lebih luas," kata Ani.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, Satuan Tugas (Satgas) tax amnesty tetap berjalan seperti biasa. Selanjutnya, Maret nanti akan ada keterbukaan laporan ke publik. "Satgas tetap jalan, ada pertemuan mingguan. Kita jadwalkan Maret awal ada laporan ke publik," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6524 seconds (0.1#10.140)