SMF Dukung Tapera demi Wujudkan Sejuta Rumah

Senin, 27 Maret 2017 - 11:45 WIB
SMF Dukung Tapera demi Wujudkan Sejuta Rumah
SMF Dukung Tapera demi Wujudkan Sejuta Rumah
A A A
JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, kembali menggelar lnvestor Gathering 2017, dengan tema 'Peran Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan dalam Program Pemerintah'. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan baik dari regulator, lembaga keuangan perbankan, dana pensiun, perusahan penjaminan, ssuransi, lembaga penunjang dan profesi pasar modal.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT SMF Ananta Wiyogo menyampaikan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, tahun 2015, terdapat 11,7 juta rumah tangga yang belum memiliki rumah. Terkait backlog tersebut, SMF berusaha untuk berkontribusi melalui pemerataan pembiayaan perumahan secara nasional dan pendayagunaan penyalur KPR, melalui penyediaan dana jangka panjang yang terjangkau dan berkesinambungan.

”Melalui sekuritisasi dan pembiayaan, SMF terus berupaya menjalankan perannya untuk mendukung program-program yang dicangkan oleh Pemerintah dalam menyediakan kebutuhan rumah bagi masyarakat di seluruh Indonesia, seperti Program Sejuta Rumah,” kata Ananta di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Dia menambahkan bahwa SMF siap aktif berkontribusi dalam mendukung implemantasi Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang dicanangkan oleh Pemerintah. Menurut dia, salah satu cara untuk mengurangi besarnya beban pemerintah dan swasta dalam mencapai pembangunan rumah dan menurunkan backlog, yaitu dengan mengimplementasikan Undang-undang (UU) No.4 tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang diharapkan sebagai sumber dana murah jangka panjang untuk mendukung pembangunan perumahan bagi masyarakat menengah ke bawah.

”Dalam implementasi Tapera, SMF dapat berperan sebagai intermediator bagi Bank-bank Penyalur KPR yang berkeinginan memanfaatkan dana Tapera. Hal ini akan mendukung inklusi yang lebih luas bagi para Penyalur KPR. Peran serta SMF dalam program Tapera dapat menambah jumlah Penyalur KPR yang berpartisipasi dalam program Tapera, sehingga pada akhirnya dapat menambah jumlah masyarakat yang terlayani, terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” ucap dia.

Hadir dalam acara tersebut yakni Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Sonny Loho, Direktur lenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Lana Wlnayantl, dan Wakil Ketua Asosiasl Dana Pensiun Indonesia, Suheri.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5012 seconds (0.1#10.140)