MPPA dan Dompet Dhuafa Perkuat Sinergi

Kamis, 30 Maret 2017 - 21:44 WIB
MPPA dan Dompet Dhuafa...
MPPA dan Dompet Dhuafa Perkuat Sinergi
A A A
JAKARTA - Dompet Dhuafa kembali menguatkan sinergi dengan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), peritel multi-format modern di Indonesia. Sinergi ini digulirkan dalam dua program utama, yaitu infak via kasir dan penguatan program pemberdayaan UMKM Dayamart.

Program Infak Pelanggan via Kasir jaringan ritel MPPA telah berjalan dengan baik selama 11 tahun dan saat ini memasuki tahun ke-12 untuk menyalurkan donasi pelanggan kepada kaum dhuafa.

Sejak bergulir pada 2006, program Infak via Kasir memudahkan masyarakat dalam beramal sambil belanja. Pelanggan dapat mendonasikan sisa kembalian belanja, pembulatan kembalian, atau bahkan nominal bebas.

Tema Infak via Kasir kali ini mengajak pelanggan mendukung pentingnya program pemberdayaan ekonomi dan pendidikan di Indonesia. Program infak yang mulai 1 April 2017 hingga 30 Juni 2017 ini akan disalurkan untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi perempuan dan program perbaikan sekolah yang selama ini menjadi konsen program Dompet Dhuafa.

Public Relations & Corporate Communications Director MPPA, Danny Kojongian menuturkan, dalam memilih mitra kerja sama, MPPA melakukan langkah due diligence yang pruden terkait dengan pengumpulan dan penyaluran dana infaq dari masyarakat. Sehingga, tujuan dari langkah tersebut akan tepat sasaran sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku.

"Tujuan MPPA dan Dompet Dhuafa yang sejalan serta memiliki komitmen, kerja sama dan akuntabilitas yang baik semakin mempererat hubungan MPPA dan Dompet Dhuafa. Sehingga, program donasi Infak via Kasir telah memasuki usia ke 12," kata dia dalam riulisnya, Kamis (30/3/2017).

Dalam kurun waktu 12 tahun ini, program infak tersebut berhasil menghimpun dana sebesar Rp11 miliar, yang telah disalurkan untuk kaum dhuafa. Selain penyaluran ke program pendidikan sebagaimana tiga tahun terakhir, penyaluran donasi ke depan juga diharapkan dapat menyentuh sektor lainnya seperti pemberdayaan ekonomi dhuafa.

Sementara Dayamart adalah program pemberdayaan usaha mikro berbasis minimarket komunitas yang digulirkan Dompet Dhuafa di Padang sejak 2016. Selain kepemilikan dhuafa serta memberikan harga khusus untuk dhuafa terdaftar, Dayamart juga mendukung warung-warung kecil sekitar minimarket dalam pasokan barang dan manajemen usaha mikro.

Pada tahun ini, Dompet Dhuafa menargetkan enam gerai Dayamart beroperasi di Padang. Dalam sinergi program ini, MPPA berperan sebagai salah satu mitra strategis Dompet Dhuafa dalam memastikan stabilnya pasokan barang bagi Dayamart.

"Berdasarkan data Kemenkop UKM, pada 2016, 60% pelaku (UMKM di Indonesia dimotori perempuan. Kerja sama ini diharapkan mampu mendukung penyediaan sumberdaya dalam program penumbuhan usaha mikro yang dilaksanakan kaum perempuan," ujar Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6902 seconds (0.1#10.140)