Ditjen Pajak Perkuat Integrasi dengan Peluncuran Kartin1

Jum'at, 31 Maret 2017 - 21:30 WIB
Ditjen Pajak Perkuat Integrasi dengan Peluncuran Kartin1
Ditjen Pajak Perkuat Integrasi dengan Peluncuran Kartin1
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak meluncurkan platform Kartin1, yang merupakan sarana untuk mengintegrasikan identitas-identitas dari kartu-kartu yang selama ini digunakan oleh masyarakat. Diharapkan apabila instansi-instansi terkait telah bekerja sama dalam platform Kartin1, dapat memberikan kemudahan bagi Warga Negara lndonesia (WNI) untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan maupun non-pemerintahan dengan kepraktisan menggunakan satu kartu multifungsi.

Platform Kartin1 tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu media integrasi data menuju single identity number (SIN). Dimana SIN ini berguna untuk kelancaran berbagai program pemerintah, seperti pemberian bantuan sosial, insentif pajak, dan pembentukan cashless society. "Kartin1 sengaja kita luncurkan jelang bulan April. Platform diikuti banyak pihak, soal pajak, nantinya juga e-KTP masuk sebentar lagi didemokan," ujar Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi di Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Di dalam acara tersebut didemonstrasikan keberhasilan Ditjen Pajak dalam melakukan prototyping platform Kartin1 dalam produk kartu dari salah satu instansi. Dalam acara ini juga dilakukan demonstrasi aktivasi platform Kartin1 yang telah memiliki fitur pengamanan digital certificate dengan terlebih dahulu melakukan validasi data blometrik dari e-KTP, dan pemasukan informasi perpajakan ke dalam produk kartu perbankan.

Sebagai fitur pengamanan tambahan, dilakukan perekaman sidik jari dan pembuatan Personal Identification Number (PIN). Penggunaan kartu yang telah ditanamkan platform Kartin1 dapat dilakukan menggunakan reader, yang dilekatkan pada EDC (Electronic Data Capture) maupun NFC (Near Field Communication). "E-KTP dimasukan ada data NPWP pajak segala macam, kalau hilang kita pakai sidik jari bisa," kata Ken.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6059 seconds (0.1#10.140)