Stok Pangan Dipastikan Aman Menjelang Puasa

Senin, 03 April 2017 - 13:23 WIB
Stok Pangan Dipastikan Aman Menjelang Puasa
Stok Pangan Dipastikan Aman Menjelang Puasa
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan stok pangan menjelang bulan puasa yang akan berlangsung pada akhir Mei 2017 dalam kondisi aman. Harga pangan hingga saat ini juga masih terkendali.

(Baca Juga: Mendag Bakal Kendalikan Harga Bahan Pokok di Ritel Modern
Dia mengungkapkan, pihaknya telah mengundang seluruh pemerintah daerah baik di tingkat kota, kabupaten, maupun provinsi untuk memantau ketersediaan dan stabilitas harga pangan jelang bulan Ramadhan. Para distributor pangan juga diminta untuk memantau ketersediaan barangnya.

"Stok (pangan jelang Ramadhan) aman. Dan kita akan turun ke seluruh provinsi dengan mengundang seluruh kabupaten kota per provinsi. Dan juga mengundang para distributor untuk memantau terus," katanya di Auditorium Kemendag, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menyosialisasikan aturan baru terkait kewajiban distributor pangan untuk melaporkan jumlah stoknya secara berkala. Hal ini untuk menghindari penimbunan bahan kebutuhan pokok, dan menyebabkan harga menjadi melambung.

"Dan kita akan sosialisasikan ketentuan yang sudah kita keluarkan, bahwa mereka wajib lapor, termasuk wajib lapor posisinya, posisi stoknya. Dan demikian juga dengan harga," imbuh dia.

Tak hanya itu, toko ritel modern juga saat ini dikenakan aturan mengenai patokan harga sejumlah komoditas seperti gula, daging dan minyak goreng. Toko ritel modern harus menjual harga ketiga komoditas tersebut sesuai dengan harga yang ditetapkan, yakni gula Rp12.500 per kilogram (kg), daging Rp80.000 per kg, dan minyak goreng Rp11.000 per liter.

"Mereka tidak boleh menjual harga di atas harga yang ditetapkan. Seperti halnya gula dan sebagainya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4715 seconds (0.1#10.140)