PT Hartadinata Abadi Tbk Tawarkan 1.500 Juta Lembar Saham

Kamis, 18 Mei 2017 - 03:11 WIB
PT Hartadinata Abadi Tbk Tawarkan 1.500 Juta Lembar Saham
PT Hartadinata Abadi Tbk Tawarkan 1.500 Juta Lembar Saham
A A A
JAKARTA - PT Hartadinata Abadi Tbk, produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi melaksanakan Due Diligence Meeting & Public Expose sehubungan dengan rencana Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum saham perdana kepada masyarakat. Hartadinata Abadi adalah salah satu pemain utama industri perhiasan emas di dalam negeri.

Total saham yang ditawarkan kepada publik sebanyak 1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta) lembar saham yang keseluruhannya merupakan saham baru. Jumlah tersebut ekuivalen dengan 30% dari jumlah modal disetor HA setelah IPO.

”Dana yang diperoleh dari hasil IPO ini rencananya sekitar 50% akan digunakan untuk refinancing sebagian dari pinjaman modal kerja. Sisanya 50% dibagi dengan rincian 42% untuk pembelian bahan baku, 6 % untuk pembelian tooling chain machine dan 2% untuk pembentukan dan penerapan aplikasi sistem e-commerce kami,” kata Sandra Sunanto, Direktur Utama Hartadinata Abadi Tbk dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Pembelian bahan baku dilakukan untuk menunjang upaya peningkatan utilisasi kapasitas produksi sejalan rencana perseroan melakukan ekspansi usaha.

“IPO dilakukan untuk memperkuat struktur permodalan, menjadi perusahaan yang lebih terbuka dan professional dan senantiasa menerapkan Good Corporate Governance. IPO memperkuat hubungan dengan segenap stakeholders melalui kesempatan untuk ikut memiliki perusahaan,” ujar Sandra Sunanto.

Kinerja HA menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan dalam tiga setengah tahun terakhir, dimana pendapatan tumbuh agresif dengan pertumbuhan dengan CAGR sebesar 33.1%, dari sebesar Rp1,35 miliar di tahun 2014 menjadi Rp2,19 miliar di 2016.

“Pertumbuhan ini didukung oleh saluran distribusi yang kuat dari penjualan grosir dengan pertumbuhan CAGR 27.6% dan serta in-storesales CAGR sebesar 34.1%. Pertumbuhan yang kuat ini ditopang oleh peningkatan produksi perseroan dan meningkatnya harga emas dalam periode tersebut,” imbuhnya

Dalam pelaksanaan IPO ini, HA telah menunjuk tiga penjamin pelaksana emisi, yaitu Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas, RHB Sekuritas. Menyusul kegiatan Due Diligence Meeting & Public Expose ini, rencananya HA segera memasuki tahapan pengumpulan minat (bookbuilding) mulai tanggal 9 Mei hingga 23 Mei mendatang.

Setelah tahap bookbuilding, diharapkan pada tanggal 8 Juni 2017 pernyataan efektif dari OJK sudah dapat diperoleh. Dengan demikian pada tanggal 20 Juni 2017 HA sudah melakukan pencatatan (listing) di Bursa Efek Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3300 seconds (0.1#10.140)