Suriname Jadi Pintu Gerbang Ekspor IKM RI Menuju Amerika Latin

Jum'at, 19 Mei 2017 - 14:08 WIB
Suriname Jadi Pintu Gerbang Ekspor IKM RI Menuju Amerika Latin
Suriname Jadi Pintu Gerbang Ekspor IKM RI Menuju Amerika Latin
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Suriname akan meningkatkan kerja sama di sektor industri kecil dan menengah (IKM). Peluang ini diharapkan dapat memperluas pasar ekspor produk Indonesia ke negara-negara di Amerika Selatan, karena bersebelahan dengan Suriname.

“Suriname bisa menjadi hub untuk ekspor produk Indonesia ke Amerika. Misalnya, produk furnitur yang banyak diminati pasar di sana. Apalagi, di Suriname banyak bahan baku kayu, diharapkan industri furnitur Indonesia bisa ekspansi ke Suriname,” kata Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Menurutnya pemerintah Indonesia tengah memberikan perhatian lebih kepada pengembangan IKM sebagai upaya mendorong program prioritas tahun ini dalam pemerataan pembangunan ekonomi. Dalam hal ini, Kemenperin telah meluncurkan program e-Smart IKM dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah produk lokal menembus pasar global.

“Dalam memperkuat kualitas produk IKM termasuk yang tergabung dalam e-Smart IKM, kami akan melakukan serangkaian pembinaan bagi IKM dalam negeri melalui fasilitasi penguatan sumber daya manusia dengan program kegiatan bimbingan teknis, pendampingan dan sertifikasi,” katanya.

Selain itu, juga dilakukan pemberian bantuan mesin dan peralatan, peningkatan kemampuan Unit Pelayanan Teknis, serta penumbuhan wirausaha baru IKM. Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyatakan, program e-smart IKM merupakan salah satu upaya memperluas pasar di dalam rantai nilai dunia dan menghadapi era Industry 4.0.

“Pemanfaatan teknologi digital dapat memacu produktivitas dan daya saing bagi IKM sehingga mampu menembus pasar ekspor melalui program e-smart IKM,” tuturnya.
(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1180 seconds (10.101#12.26)