BPTJ Luncurkan Aplikasi Moovit untuk Pengguna Angkutan Umum

Jum'at, 26 Mei 2017 - 15:49 WIB
BPTJ Luncurkan Aplikasi Moovit untuk Pengguna Angkutan Umum
BPTJ Luncurkan Aplikasi Moovit untuk Pengguna Angkutan Umum
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memperkenalkan aplikasi angkutan umum bernama Moovit untuk mempermudah masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum. Hal ini demi menggiring masyarakat pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kendaraan umum.

(Baca Juga: Layani Perjalanan Hotel-Bandara, Ini Tarif dan Rute Bus JAConnexion)

Kepala BPTJ Elly Adrian Sinaga mengatakan, aplikasi Moovit sedianya telah digunakan beberapa negara di dunia. Setidaknya, aplikasi ini telah digunakan sekitar 60 juta pengguna di seluruh dunia di 1.200 kota pada 72 negara.

Aplikasi ini juga telah menggunakan 47 bahasa dan 120 ribu komunitas lokal. "Aplikasi angkutan umum disebut Moovit. Ini sudah dipakai dibanyak negara. Aplikasi khusus angkutan umum yang diproduksi di Silicon Valley, kita kerja sama," ujar dia di Kantor BPTJ, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Aplikasi ini, sambung dia, akan memudahkan penggunanya untuk memperoleh informasi mengenai pilihan rute, posisi armada, waktu kedatangan, waktu tempuh, jenis moda dan titik transit. ‎"Kalau sudah upload aplikasi, nanti tinggal masukan dari mana kemudian mau ke mana. Maka akan keluar pilihan angkutan umumnya," imbuhnya.

Dia menjabarkan, aplikasi ini memiliki beberapa fitur di antaranya Live Directions yang akan memandu pengguna naik transportasi umum secara detail, Gett off Alert untuk mengingatkan pengguna untuk turun di tujuan yang telah ditentukan.

Kemudian fitur Nearby Stations yang memudahkan pengguna untuk melihat halte atau stasiun terdekat dan melihat waktu kedatangan bus atau kereta. Fitur Lines, di mana pengguna bisa memasukkan rute favorit dan melihat rute transportasi umum yang ada di kota tersebut.

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi terintegrasi ini untuk melaporkan jika ada kejadian di lokasi melalui fitur Reports. Fitur ini akan menjadi pedoman bagi pengguna lain untuk mengetahui kejadian yang mungkin terjadi di jalan raya.

Pengguna juga bisa melaporkan tentang kepadatan penumpang di dalam angkutan, tingkat kebersihan, temperatur, perilaku pengemudi dan lain-lain. Menurutnya, Moovit telah mengakomodir sejumlah angkutan umum yang ada seperti angkot, KCJ, TransJakarta, bus Damri Bandara, termasuk angkutan permukiman JRConnexion dan angkutan bandara JAConnexion.

"Rencananya semua angkutan umum akan dimasukkan ke Moovit, dai JAConnexion sampai ke angkot dimasukkan sehingga jadi pilihan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4453 seconds (0.1#10.140)