BI Buka Penukaran Uang di Seluruh Indonesia, Cek Lokasinya

Jum'at, 02 Juni 2017 - 18:14 WIB
BI Buka Penukaran Uang di Seluruh Indonesia, Cek Lokasinya
BI Buka Penukaran Uang di Seluruh Indonesia, Cek Lokasinya
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang pecahan di seluruh Indonesia. Hal ini guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal selama Ramadan dan Idul Fitri.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengungkapkan, layanan penukaran uang dibuka di pusat kegiatan (landmark), rest area, dan pusat keramaian di masing-masing kantor pusat BI, kantor wilayah BI di daerah, dan bekerja sama dengan perbankan.

"Menjelang Idul Fitri, BI memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat akan uang kartal sesuai pola musiman. Peningkatan kebutuhan terkait pembayaran gaji dan THR, serta kebutuhan Idul Fitri," katanya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Untuk di Jakarta, sambung dia, penukaran uang yang dibuka BI di Monas telah dilakukan sejak 22 Mei 2017. Sedangkan yang dilakukan 13 perbankan nasional mulai dibuka pada 5 Juni 2017.

"Sampai dengan 29 Mei, realisasi penukaran di Monas sudah mencapai sekitar Rp2,6 milliar. Dan jumlah yang menukar lebih dari 600 orang," imbuh dia.

Sementara lokasi penukaran uang di landmark antara lain dapat dijumpai di Monas (Jakarta), Tugu Juang (Lampung), Lapangan Puputan (Bali), Masjid Islamic Center (Lhokseumawe Aceh), GOR Segiri (Kalimantan Timur, Lapangan Banteng (Medan), dan Alun-alun (Bandung).

Tak hanya itu, BI juga membuka layanan penukaran uang di berbagai instansi, antara lain di Gedung DPR/MPR, Kantor Pemda, dan Kantor Pemkot di seluruh Indonesia. BI juga melakukan kas keliling ke pasar, stasiun, serta posko mudik.

"Untuk menjangkau layanan ke seluruh Indonesia, BI saat ini sudah memiliki 117 titik distribusi yang terdiri dari 43 kantor BI yang ada di daerah dan 74 kas titipan. Kas titipan ini memperkuat layanan kepada masyarakat di wilayah NKRI," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7759 seconds (0.1#10.140)