BI Siapkan Money Changer di Wilayah Terluar RI untuk Tukar Rupiah

Rabu, 14 Juni 2017 - 22:52 WIB
BI Siapkan Money Changer di Wilayah Terluar RI untuk Tukar Rupiah
BI Siapkan Money Changer di Wilayah Terluar RI untuk Tukar Rupiah
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia tengah mempersiapkan money changer untuk wilayah terluar di Indonesia, sebagai tempat penukaran rupiah bagi masyarakat yang memperoleh uang dari negara tetangga.

Direktur Eksekutif Departemen Peredaran Uang Bank Indonesia, Suhaedi mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan bersama dengan bank-bank Himbara.

"Ya nanti kita bersama bank Himbara akan fasilitasi di sana sehingga masyarakat terluar yang memperoleh dolar dari negara tetangga bisa menukarkan ke dalam rupiah. Agar semua transaksi di wilayah Indonesia menggunakan rupiah. Jadi akan kami sediakan money changer," katanya di Gedung BI, Jakarta, Rabu (14/6/2017)

Penempatan money changer ini, sebagai bentuk pelengkap fasilitas di pos-pos lintas batas yang saat ini sudah dibangun pemerintah di wilayah perbatasan.

"Pemerintah sudah membangun tempat yang sangat bagus di wilayah perbatasan. Jadi kami rasa penting adanya money changer di sana," katanya.

Tahap awal yang akan dilakukan untuk penyebaran uang di wilayah terluar Indonesia, selain membangun money changer juga memastikan bahwa uang-uang di sana layak edar.

"Kemudian berikutnya antisipasi lintas batas yang akan belanja ke luar negeri akan kita dorong money changer. Jadi nanti di sana akan ada masing-masing satu bangunan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5621 seconds (0.1#10.140)