Cerita Sri Mulyani Soal Komitmen Asia-Dunia Perkuat Konektivitas

Senin, 19 Juni 2017 - 20:12 WIB
Cerita Sri Mulyani Soal Komitmen Asia-Dunia Perkuat Konektivitas
Cerita Sri Mulyani Soal Komitmen Asia-Dunia Perkuat Konektivitas
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerangkan, negara-negara Asia dan dunia telah menegaskan komitmen mereka dalam memperkuat konektivitas. Menurutnya hal tersebut menjadi fokus pertemuan antara anggota-anggota Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), pekan lalu.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia yang menghadiri ajang itu di Jeju, Korea Selatan mengutarakan konektivitas menjadi penting, lantaran setiap negara membutuhkan akses untuk menghubungkan satu negara dengan negara lainnya dengan infrastruktur yang berkelanjutan. "Ini penting dengan tema konektivitas, yaitu bagaimana infrastruktur setiap negara dan daerah serta region itu bisa terkoneksi," katanya, Senin (19/6/2017).

Dalam pembahasan AIIB tersebut, Sri Mulyani menambahkan juga ditekankan bagaimana caranya menarik minat swasta agar ikut dalam membiayai kegiatan infrastruktur suatu negara. Di sini, lanjutnya, peran pemerintah menjadi penting. "Pembangunan ramah lingkungan dan menarik swasta itu dibutuhkan. Salah satunya berbagai macam intervensi, dan policynya juga harus baik," imbuhnya.

Sementara untuk di Indonesia sendiri, AIIB mendanai 3 proyek infrastruktur Indonesia yang bermanfaat untuk orang banyak dan merupakan proyek yang menonjol di antara negara- negara lain. Seperti diketahui sebelumnya AIIB memberikan tambahan dana sebesar USD100 juta untuk mendukung pemerintah daerah (Pemda) menambah investasi infrastruktur.

"Dalam 2 tahun pertama, sudah lending (dilakukan pembiayaan) USD2,2 miliar. Termasuk dana ini untuk pembangunan waduk, dan pembangunan infrastruktur regional. Jumlahnya macam-macam," pungakasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6366 seconds (0.1#10.140)