PT IBU Diduga Oplos Beras, AISA Justru Apresiasi Satgas Pangan

Selasa, 25 Juli 2017 - 14:00 WIB
PT IBU Diduga Oplos Beras, AISA Justru Apresiasi Satgas Pangan
PT IBU Diduga Oplos Beras, AISA Justru Apresiasi Satgas Pangan
A A A
JAKARTA - PT Indo Beras Unggul (IBU) diduga telah melakukan praktik pengoplosan beras. Namun, sebagai induk PT IBU, PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) justru mengapresiasi langkah yang dilakukan Satgas Pangan saat mengunjungi gudang PT IBU di Bekasi.

Direktur Independen AISA Jo Tjong Seng mengatakan, kedatangan Satgas Pangan tersebut dinilai sebagai bentuk kepedulian terhadap industri beras nasional. Sementara saat penggerebekan itu, Satgas menyatakan PT IBU telah melakukan pengoplosan dengan memakai beras subsidi.

"Kami apresiasi kunjungan Satgas, perhatian yang baik bagi industri beras. Kami hanya ingin memperjelas kembali tentang adanya dugaan PT IBU gunakan beras subsidi," ujarnya di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Baca Juga: Diduga Oplos Beras, PT IBU Sudah Lama Diincar Satgas Pangan
Jo pun membantah dugaan tersebut dengan menjelaskan bahwa beras subsidi atau beras sejahtera (rastra). Sehingga, dugaan itu dinilai sudah terbantahkan.

"Pemberitaan yang lalu sudah dijelaskan beras subsidi ada dua, input dan output. Output yakni rastra, kami tidak gunakan sebagai bahan baku," katanya.

Sementara untuk jenis input, Jo menyampaikan, perusahaan telah melakukan perdagangan sesuai mekanisme pasar. Menurutnya, semua pelaku industri beras juga melakukan hal yang sama.

"Terkait subsidi input sudah selesai, beras yang kami gunakan dari gabah yang beredar, kami beli melalui mekanisme pasar. Gabah kering panen dan gabah kering giling yang kami beli, pelaku usaha lain juga beli gabah umum yang ada di pasar," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6549 seconds (0.1#10.140)