Darmin Tegaskan ke Pengusaha Tidak Ada Tax Amnesty Jilid II

Kamis, 14 September 2017 - 06:21 WIB
Darmin Tegaskan ke Pengusaha Tidak Ada Tax Amnesty Jilid II
Darmin Tegaskan ke Pengusaha Tidak Ada Tax Amnesty Jilid II
A A A
JAKARTA - Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasutin menegaskan tidak ada kesempatan kedua (second window) untuk melakukan pengampunan pajak. Hal ini mengingat beberapa waktu lalu, beberapa pengusaha meminta pemerintah kembali melaksanakan tax amnesty.

Darmin menyampaikan, bila second windows dilakukan pemerintah, maka pemerintah akan dianggap tidak kredibel oleh rakyatnya bahkan untuk negara lain pun memandang demikian.

"Ya enggak ada lagi, window sudah habis. Kalau masih sedikit yang ikut tax amnesty, ya siapa suruh enggak ikut? Itu enggak kredibel kalau dibuka pintu lagi, namanya begituan ya, kalau enggak pakai kesempatannya, ya ambil risiko," kata dia di Jakarta, Rabu (13/9/2017)

Saat ini, kata Darmin, penerimaan pajak memang masih 53,5%. Dia membantah jika kondisi ini dikategorikan darurat untuk penerimaan pajak Indonesia. Namun diakui dia, penerimaan negara kadang tidak sesuai dengan harapan kita.

"Yah memang penerimaan kita tidak cukup lah seperti harapan kita, tapi ya ini kan ada hubungannya dengan baru bayar tax amnesty segala macam. Ada juga hubungannya dengan perkembangan ekonomi, jadi macam-macam," ungkapnya.

Namun dia meminta untuk tidak perlu mempermasalahkan, lantaran pemerintah juga sedang gencar memperbaiki sistem administasi perpajakan.

"Jangan terlalu risau, kita sendiri sedang siapkan juga perubahan IT dari perpajakan supaya pajaknya kemudian lebih efektif collectnya," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8461 seconds (0.1#10.140)