Menhub Minta BUMN Kirim Barang lewat Tol Laut

Jum'at, 15 September 2017 - 17:22 WIB
Menhub Minta BUMN Kirim Barang lewat Tol Laut
Menhub Minta BUMN Kirim Barang lewat Tol Laut
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk maksimal menggunakan tol laut. Dia berharap seluruh perusahaan pelat merah dapat mengirim barang lewat tol laut.

Hal ini dikatakan usai menghadiri rapat koordinasi (rakor) kementerian di bawah Kemenko bidang Kemaritiman. Salah satu bahasan dalam rapat tersebut adalah mengenai tol laut.

"Tol laut aja dibahas, supaya lebih koordinatif semua stakeholdernya. Jadi kita minta katakanlah, BUMN mendorong lagi barangnya dikonsentrasikan di tol laut. Contohnya semen, beras, mungkin bisa kita reroute," katanya di Gedung Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Dengan begitu, kata mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini, ongkos logistik di daerah akan jauh lebih rendah. "Iya (untuk menekan biaya logistik di daerah). Kia selalu evaluasi," imbuh dia.

Budi menambahkan, upaya lain untuk menekan biaya di pelabuhan adalah dengan mewajibkan pelabuhan untuk buka selama tujuh hari kerja. Dengan begitu, waktu tunggu bongkar muat (dwelling time) di pelabuhan akan jauh lebih singkat. Sebab, barang tidak perlu menunggu jika tiba di akhir pekan.

"Di antaranya kita wajibkan hari minggu masuk. Sekarang kan minggu libur. Jadi 7 hari kerja. Kalau ada 7 hari, cuma 5 hari kerjanya kan masalah kan. Salah satunya itu," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6914 seconds (0.1#10.140)