Peringkat Daya Saing Global Indonesia Naik, Jokowi Tak Puas

Selasa, 03 Oktober 2017 - 16:55 WIB
Peringkat Daya Saing...
Peringkat Daya Saing Global Indonesia Naik, Jokowi Tak Puas
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan posisi yang lebih baik lagi untuk daya saing Indonesia. Seperti diketahui catatan World Economic Forum (WEF) dalam publikasinya menempatkan peringkat daya saing Indonesia secara global (Global Competitiveness Index) 2017-2018 naik ke-36 dari 137 negara dari peringkat sebelumnya pada posisi ke 41.

(Baca Juga: Peringkat Daya Saing Global Indonesia Naik 5 Tingkat
Lebih lanjut Ia menambahkan, Jokowi ingin agar para menterinya bekerja lebih keras lagi memperbaiki posisi daya saing Indonesia agar bisa lebih tinggi lagi karena akan berpengaruh terhadap masuknya investasi ke dalam negeri. "Presiden sudah mengetahui hasil tersebut, tapi beliau tidak puas dengan itu, dan ingin lebih lagi," tegas Sri Mulyani di Energy Building, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Selain itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut mengutarakan yang terpenting bukan peringkat melainkan dampak yang bisa dirasakan masyarakat seperti banyaknya lapangan kerja baru. "Dia ingin kami bekerja lebih keras lagi agar dapat hasil yang lebih dari itu. Tapi bukan hanya soal itu saja, namun bagaimana orang Indonesia bisa menikmati hasil dari kenaikan rating investasi tersebut dengan mendapatkan pekerjaan," pungkasnya.

Dalam catatan World Economic Forum (WEF), Indonesia adalah salah satu inovator teratas di antara negara berkembang. Indonesia telah memperbaiki kinerjanya di semua pilar seperti Korea. Pilar-pilar tersebut adalah institusi, infrastruktur, lingkungan makroekonomi, kesehatan dan pendidikan dasar, pendidikan yang lebih tinggi dan pelatihan, efisiensi pasar barang, efisiensi pasar tenaga kerja, perkembangan pasar uang, kesiapan teknologi, ukuran pasar, kecanggihan bisnis serta inovasi.

Meski begitu sebagai informasi, posisi Indonesia masih jauh di bawah negara-negara ASEAN lainnya walaupun mengalami kenaikan ke posisi 36. Indonesia masih kalah dari Thailand yang bertengger di posisi 32, Malaysia pada peringkat 23 atau bahkan Singapura yang termasuk tiga besar.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8309 seconds (0.1#10.140)