Sentimen Dalam Negeri Bisa Menguatkan Rupiah

Jum'at, 13 Oktober 2017 - 09:01 WIB
Sentimen Dalam Negeri Bisa Menguatkan Rupiah
Sentimen Dalam Negeri Bisa Menguatkan Rupiah
A A A
JAKARTA - Pelemahan tipis rupiah diharapkan dapat terjaga agar tidak kembali masuk dalam pelemahannya. Masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri diharapkan dapat menjadi stimulus positif bagi kembali menguatnya laju rupiah.

"Termasuk juga pergerakan USD yang sedang melemah diharapkan dapat dimanfaatkan rupiah untuk dapat menguat. Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.530/USD dan resisten Rp13.484/USD.

Sementara, pergerakan rupiah cenderung flat seiring respon pelaku pasar terhadap pembacaan rilis risalah pertemuan The Fed. Di satu sisi, pergerakan rupiah sempat menguat seiring melemahnya USD setelah merespon risalah The Fed tersebut dimana sejumlah pengamat maupun pelaku pasar masih mengkhawatirkan rendahnya inflasi.

Notulen rapat FOMC memperlihatkan belum adanya suara bulat untuk menaikkan bunga di akhir tahun ini. Pertumbuhan ekonomi AS dinilai belum konsisten dan dibutuhkan kesabaran sebelum menaikkan bunga.

"Akan tetapi, di sisi lain, tidak lama kemudian rupiah kembali melemah tipis seiring menguatnya EUR yang memanfaatkan pelemahan USD dan antisipasi jelang pertemuan ECB," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8115 seconds (0.1#10.140)