BNI Salurkan KUR bagi UMKM di Kepulauan Seribu

Sabtu, 11 November 2017 - 16:33 WIB
BNI Salurkan KUR bagi UMKM di Kepulauan Seribu
BNI Salurkan KUR bagi UMKM di Kepulauan Seribu
A A A
KEPULAUAN SERIBU - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi empat pengusaha UMKM di Kepulauan Seribu. Total kredit yang disalurkan sebesar Rp100 juta. Usaha nasabah penerima KUR tersebut beragam mulai pedagang gado-gado, bengkel sepeda motor, pedagang makanan/minuman, hingga pengusaha katering.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Jakarta Kota Ronny Venir mengatakan, Kepulauan Seribu mempunyai banyak potensi ekonomi di sektor pariwisata dan perdagangan. Perseroan siap mendukung pembangunan yang dijanjikan pemerintah daerah DKI Jakarta.

"Ada potensi pariwisata di sini akan berkembang untuk orientasi turis internasional dan domestik. Sehingga, penyaluran KUR untuk Kepulauan Seribu bisa lebih tinggi di masa depan. Saat ini kami fokus mengembangkan agen BNI 46 di pulau Panggang dan Pramuka," ujar Ronny dalam rangka HUT Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang ke XVI, di Pulau Pramuka Jakarta, Sabtu (11/11/2017).

Saat ini terdapat 18 agen laku pandai yang bisa melayani setoran dan tarikan uang. Tahun ini diperkirakan jumlah agen bisa menjadi 30 agen. Direncanakan nasabah KUR tersebut juga akan diajak menjadi agen BNI 46.

Keunggulan menjadi agen adalah fee yang didapatkan dari setiap transaksi. "Hal ini berarti akan ada peningkatan perekonomian masyarakat. Namun, jangkauan sinyal masih susah sehingga aktivitas agen lebih banyak dilakukan di Pulau Pramuka dan Pulau Pramuka," tuturnya.

Perseroan juga menandatangani Nota Kesepahaman antara Pemimpin Kantor Cabang Utama BNI Jakarta Kota dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dalam Penggunaan BNI Simpanan Pelajar (Simpel) sebagai rekening tabungan yang akan digunakan lebih dari 5.000 siswa se-Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu untuk melakukan aktivitas menabungnya.

Sebagai sarana menabung, di Kepulauan Seribu BNI telah menempatkan satu unit mesin CRM (mesin ATM untuk penyetoran sekaligus penarikan) di Pulau Pramuka serta memiliki 13 Agen46 yang tersebar di beberapa pulau di Kepulauan Seribu.

"Penambahan Agen 46 untuk mendukung edukasi menabung sejak dini serta meningkatkan partisipasi siswa dan warga dalam program menabung dengan sampah di Kepulauan Seribu akan terus dilakukan BNI guna mempermudah dan memperluas jangkauan layanan BNI, selain jangkauan layanan yang sudah dimiliki BNI saat ini melalui lebih dari 1.997 Cabang BNI, 17.000 BNI ATM dan lebih dari 45.000 Agen46 yang tersebar di seluruh Indonesia," tutur Ronny.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan perhatian Pemda akan lebih ditingkatkan untuk masyarakat Kepulauan Seribu. Pemda akan lebih serius mendorong masyarakat yang termajinalkan dan lemah.

Kepulauan Seribu memiliki 115 pulau dengan 11 pulau berpenghuni. Hal itu menjadikan Jakarta sebagai simbol daerah kepulauan yang harus jadi dicontoh.

"Bukan hanya infrastruktur fisik yang dibangun tapi bangun kualitas manusianya. Komunikasi dan transportasi akan jadi kunci untuk masyarakat di kepulauan. Bagaimana kalau anaknya kuliah di Bandung dan harus berkomunikasi. Berikutnya kami akan siapkan gugus tugas untuk dimasukkan tata rencana dan dieksekusi secara berkesinambungan," ujar Anies dalam kesempatan sama.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5400 seconds (0.1#10.140)