Menyimak Prestasi Anak Muda di Kancah Global

Jum'at, 01 Desember 2017 - 06:01 WIB
Menyimak Prestasi Anak Muda di Kancah Global
Menyimak Prestasi Anak Muda di Kancah Global
A A A
JAKARTA - Keteladanan sangat penting dalam penyemaian dan pembudayaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita. Bersama dengan pemahaman, keadilan sosial, inklusi sosial dan kelembagaan, perihal keteladanan adalah yang paling terasa dalam kehidupan kita. Kurangnya tindakan maupun perilaku sosial baik dalam konteks individu maupuan lembaga berhubungan langsung dengan pengamalan Pancasila.

Atas dasar inilah, Unit Kerja Presiden (UKP) Pancasila mengangkat sosok-sosok anak muda berprestasi di kancah global yang memberikan teladan dalam upaya penyemaian dan pembudayaan Pancasila. Pada tahun ini, UKP Pancasila berjalan seiring dengan 72 ikon prestasi ke sudut-sudut kehidupan warga bangsa dan membangun laku hidup yang semakin memperindah kehidupan.

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila ini sesuai dengan misi PT Astra International Tbk untuk sejahtera bersama bangsa. Karena itulah, Astra pada Kamis, (30/11/2017) mendukung acara yang diadakan UKP Pancasila bersama dengan Universitas Airlangga di Surabaya, Jawa Timur.

"Bagi Astra, Pancasila adalah nilai luhur bangsa yang harus selalu dijaga dan dipelihara agar dapat menginspirasi masyarakat Indonesia dalam bertindak dan berperilaku. Sama halnya dengan filososi Catur Dharma bagi setiap insan Astra dan mendasari setiap nilai dan strategi bisnis Astra agar dapat menjadi Pride of the Nation. Karena itulah, kami sangat bangga dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan UKP ini dan mendukung pengamalan nilai-nilai Pancasila di negara ini," ujar Chief of Corporate Communications, Social Responsibility and Security PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (30/11/2017).

Bertemakan "Berbagi Inspirasi Untuk Indonesia Berprestasi," acara ini menampilkan beberapa ikon prestasi Indonesia, yaitu figur-figur yang karya dan laku hidupnya sudah memperoleh apresiasi dan penghargaan. Sehingga bisa menjadi sumber kreativitas dan inspirasi untuk mencapai prestasi. Para ikon ini tidak hanya menjadi sumber inspirasi, juga menjadi teladan dalam pengamalan ideologi Pancasila.

Dalam kegiatan ini, para ikon akan berbagai pengalaman dan mendemonstrasikan karya-karya mereka. Mereka akan berdialog dan berdiskusi dengan para pengunjung tentang pengalaman hidup dan perjuangan mereka sehingga bisa mendapat apresiasi dan penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Mereka para anak muda yang berprestasi itu adalah Apriliawan Hadi, Tim Robotik Universitas Muhammadiyah Malang yang meraih medali emas pada Trinity Collage Robot Competition 2017 dan ilustrator buku anak, Lintang Pandu Pratiwi. Mereka dinilai mampu membawa manfaat nyata bagi orang lain dengan karya-karyanya dan diharapkan dapat menjadi teladan dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila secara praktis dan nyata.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8741 seconds (0.1#10.140)