Pelindo I Pantau Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018

Sabtu, 23 Desember 2017 - 20:08 WIB
Pelindo I Pantau Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018
Pelindo I Pantau Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018
A A A
MEDAN - Pelindo I memantau kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 dengan fokus kepada delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan. Sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo I diklaim telah siap.

Pelabuhan tersebut di antaranya Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang dan Sei Kolak Kijang.

“Seluruh Terminal Penumpang milik Pelindo I saat ini sudah dilakukan pembenahan dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Seperti di Teminal Penumpang Bandar Deli Belawan yang sudah dilengkapi dengan dua unit garbarata, dimana akan memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya," ujar ACS Humas Pelindo I Fiona Sari Utami di Medan, Sabtu (23/12/2017).

Selain di Belawan, pembenahan juga dilakukan pada Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai, Terminal Penumpang Teluk Nibung di Tanjung Balai Asahan dan Terminal Penumpang Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang. Lebih lanjut diterangkan terminal penumpang ini sudah memiliki arsitek bangunan yang lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

"Seperti guesthouse, ruang tunggu VIP dan ekonomi, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang merokok, kantin, ruang kedatangan dan anjungan, ruangan shalat, toilet, tanda bahaya (alarm), tata suara (sound), pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air (pelampung) serta fasilitas automatic gate," paparnya.

Fiona juga menjelaskan, Pelindo I membuat beberapa kebijakan pelayanan penumpang yang diterapkan seperti, tidak akan melayani penjualan tiket dan pas pelabuhan di terminal. Ditambah tidak mengizinkan penumpang yang tidak memiliki tiket untuk masuk ke ruang terminal, dan penyediaan fasilitas embarkasi dan debarkasi.

Sementara guna mengantisipasi lonjakan arus barang sembako di pelabuhan, juga telah dipersiapkan fasilitas pelabuhan antara lain kesiapan dermaga, sispro (Sistem dan Prosedur) pelayanan kapal, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT).

Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, dan media informasi kepada penumpang, pengantardanpenjemput seperti sound system, spanduk, banner, dan leaflet informasi. Untuk monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 ini, juga dibentuk posko monitoring dan tim pemantau kesiapan pelayanan di setiap cabang pelabuhan.

Diterangkan posko bersama dan beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan. Dimana tim ini akan bertugas untuk memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, memantau bongkar muat barang, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik dan pusat informasi serta pelaporan.

"Tim monitoring dan pelayanan Angkutan Natal dan tahun Baru 2017 ini akan bertugas pada H-10 hingga H+15, yaitu mulai tanggal 15 Desember 2017 sampai dengan 09 Januari 2018. Untuk media pelaporan dan sistem koordinasi monitoring angkutan Natal dan Tahun Baru 2018, Pelindo 1 akan menyediakan media melalui media portal korporat," terangnya.

"Koordinasi dengan pihak regulator (OP/KSOP, Syahbandar dan pihak keamanan di pelabuhan) mengenai batas izin toleransi kelebihan kapasitas penumpang kapal sekaligus pengaturan kendaraan dan antisipasi tindakan kriminal dalam rangka mewujudkan zero accident, berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran agar kapal penumpang tidak sandar pada malam hari, memberikan proritas sandar bagi kapal penumpang, hewan ternak, kebutuhan pokok dan BBM,” tegas Fiona.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9931 seconds (0.1#10.140)