Temasek Lepas Saham Bank Danamon ke Mitsubishi UFJ Financial Group

Rabu, 27 Desember 2017 - 12:58 WIB
Temasek Lepas Saham Bank Danamon ke Mitsubishi UFJ Financial Group
Temasek Lepas Saham Bank Danamon ke Mitsubishi UFJ Financial Group
A A A
JAKARTA - Temasek akan melepas 73,8% sahamnya di PT Bank Danamon Tbk (BDMN) ke Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG). Saat ini, pelepasan saham tersebut telah memasuki tahap kesepakatan untuk perjanjian-perjanjian jual beli saham bersyarat.

"Kami telah memasuki tahap kesepakatan untuk perjanjian-perjanjian jual beli saham bersyarat dari saham kami yang berjumlah 73,8%," kata President & Head, South East Asia Temasek Tan Chong Lee dalam rilisnya, Jakarta Rabu (27/12/2017).

Dia memaparkan, MUFG adalah salah satu grup finansial terbesar di dunia. Dengan waralaba atau franchise yang kuat di Indonesia dalam bidang pembiayaan korporasi dan pembiayaan infrastruktur, MUFG berada pada posisi yang baik untuk memperkuat waralaba Danamon dan membawa Danamon melangkah ke tahap pertumbuhan selanjutnya.

Menurutnya, Temasek akan bekerja sama secara erat dengan MUFG untuk mendukung Danamon selama periode ini guna meningkatkan nilai bagi para pemangku kepentingan utama Danamon, termasuk para pelanggan dan karyawannya, serta untuk membawa bank tersebut maju ke tahap pertumbuhan berikutnya.

Selan itu, Temasek juga akan tetap berinvestasi di Indonesia, di berbagai sektor termasuk konsumen, real estat dan juga tren teknologi dan layanan keuangan yang sedang berkembang.

"Dengan adanya reformasi regulasi dan pertumbuhan yang stabil, Temasek tetap optimistis terhadap peluang investasi di Indonesia," tutur Tan Chong Lee.

Temasek memperkirakan ekonomi internet Asia Tenggara akan tumbuh menjadi USD200 miliar pada 2025. Dia menuturkan, hal tersebut sebagian besar didorong oleh pertumbuhan perjalanan online, e-commerce, dan media online.

Menurutnya, ini peluang besar bagi para investor untuk memanfaatkan tren digital yang tengah tumbuh dan berkembang, terutama di Indonesia mengingat populasinya yang besar, kelas menengah yang terus berkembang, dan ekosistem digital yang juga berkembang pesat.

"Kami percaya bahwa minat MUFG terhadap Danamon merupakan bukti kepercayaan mereka kepada bank tersebut dan kombinasi tersebut juga akan selaras dengan tujuan-tujuan pembangunan dan pertumbuhan Indonesia," kata dia.

Terpisah, Sekretaris Bank Danamon Rita Mitasari menambahkan, ditahap awal MUFG akan membeli 19,9% dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp8.323/saham. Setelah penyelesaian tahap 1, kemudian pada tahap 2, MUFG akan membeli tambahan 20,1% saham dari total saham yang sudah diterbitkan Danamon, dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan.

"Setelah diselesaikan tahap 2, MUFG bermaksud untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40% dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon (Tahap 3)," jelas Rita.

Menurutnya, hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

Dengan dilaksanakannya tahap 3, lanjut dia, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan menjadi lebih dari 73,8% dari total saham yang telah diterbitkan oleh Danamon. Rita menuturkan, harga pembelian saham Danamon dalam tahap 2 dan tahap 3 akan memakai pendekatan yang mirip dengan tahap 1.

"Tidak ada jaminan bahwa harga pembelian saham Danamon di tahap 2 dan tahap 3 akan lebih tinggi, lebih rendah, atau sama dengan harga dalam tahap sebelunnya. Harga ini akan diungkapkan pada waktu yang tepat," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4241 seconds (0.1#10.140)