Produksi Batu Bara Meningkat, Pemanfaatan Masih Minim

Kamis, 11 Januari 2018 - 17:33 WIB
Produksi Batu Bara Meningkat, Pemanfaatan Masih Minim
Produksi Batu Bara Meningkat, Pemanfaatan Masih Minim
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan produksi batu bara nasional pada 2017 melampaui target yang ditetapkan pemerintah. Pada periode tersebut, produksi batu bara mencapai 461 juta ton. Sedangkan targetnya hanya sekitar 413 juta ton.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot mengungkapkan, produksi batu bara diutamakan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan sumber energi primer di dalam negeri. Sayangnya, pemanfaatan batubara untuk dalam negeri masih belum optimal.

"Produksi batubara 2017 mencapai 461 juta ton. Ini diutamakan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan sumber energi primer di dalam negeri," katanya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Sedangkan untuk pemanfaatan batubara di dalam negeri, pada tahun lalu, realisasinya hanya sekitar 97 juta ton. Padahal, pemerintah menargetkan pemanfaatan batu bara untuk keperluan domestik hingga 121 juta ton. Penerimaan Negara dari Sektor Minerba Lampaui Target

Menurutnya, hal ini terjadi karena beberapa proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) masih belum mulai berproduksi. Sehingga penyerapannya masih belum optimal.

"Penguatan batu bara domestik masih belum sesuai target, yang mana 2017 harusnya 121 juta ton, tapi realisasinya kurang. Faktornya masih belum mulainya PLTU-PLTU yang sebenarnya kita plot dan industri yang masih terkendala," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6734 seconds (0.1#10.140)