Susi Minta Polemik Larangan Cantrang Dihentikan

Kamis, 18 Januari 2018 - 12:14 WIB
Susi Minta Polemik Larangan Cantrang Dihentikan
Susi Minta Polemik Larangan Cantrang Dihentikan
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta seluruh pihak yang selama ini melayangkan protes terhadap kebijakan larangan penggunaan cantrang untuk menyudahi kontroversi tersebut. Sebab, pemerintah telah memberikan win win solution untuk masalah itu.

(Baca Juga: Menteri Susi Tegaskan Cantrang Hanya Boleh Selama Masa Peralihan)

Dia meminta seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) untuk move on dari urusan cantrang. Saat ini, pemerintah telah berkomitmen untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

"Seluruh stakeholder tidak lagi bicara tentang cantrang. Kita menuju penyelesaian pengalihan alat tangkap cantrang. Saya tidak mau bicara cantrang lagi. Kita move on," katanya dalam konferensi pers di kantonya, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Mantan Bos Susi Air ini juga meminta Pabrik Surimi yang tutup gara-gara kekurangan bahan baku akibat larangan penggunaan cantrang, untuk mulai melakukan diversifikasi usaha ketimbang bertumpu pada usaha yang tidak memiliki masa depan bahan baku.

(Baca Juga: Peralihan Penggunaan Cantrang Hanya untuk Daerah Ini)

"Pabrik Surimi harus menghargai ini, mereka harus mulai diversifikasi usahanya. Karena pemerintah betul-betul firm menjadikan laut masa depan bangsa, dengan keberlanjutan sebagai dasar utamanya," terang dia.

Susi berkelakar bahwa pengusaha yang tidak mau move on dari urusan cantrang ini bukanlah pengusaha zaman now.

"Pengusaha zaman now adalah pengusaha yang peduli dan bekerja untuk keberlanjutan usahanya, profitnya, produksinya. Kalau tidak mau move on bukan pengusaha zaman now. Nelayannya saja sudah mengerti," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6207 seconds (0.1#10.140)