Pertumbuhan PDB Korea Selatan Diperkirakan Melambat

Rabu, 24 Januari 2018 - 15:39 WIB
Pertumbuhan PDB Korea Selatan Diperkirakan Melambat
Pertumbuhan PDB Korea Selatan Diperkirakan Melambat
A A A
SEOUL - Pertumbuhan ekonomi Korea Selatan (Korsel) diperkirakan akan melambat secara signifikan pada kuartal keempat karena hari libur nasional pada Oktober membebani produksi pabrik.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/1/2018) sebuah survei Reuters terhadap 10 ekonom bahwa ekonomi Korsel diperkirakan akan tumbuh hanya 0,1% pada periode Oktober-Desember dari kuartal sebelumnya yang naik 1,5%.

Jajak pendapat yang sama menemukan bahwa pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) terlihat meningkat 3,1% pada kuartal keempat dari tahun sebelumnya, juga melambat dari pertumbuhan 3,8% pada kuartal III.

"Produksi pabrik yang lemah karena liburan panjang Chuseok (pada Oktober), tampaknya telah menekan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan," kata Lee Sang-jae, seorang ekonom di Eugene Investment & Securities.

Menurutnya, konsumsi domestik akan terus berlanjut, tapi peraturan perumahan yang lebih ketat akan berdampak negatif pada investasi modal dan konstruksi dalam tiga bulan terakhir.

produksi pabrik hampir tidak pulih pada November setelah kontrak di liburan-disingkat Oktober pada tingkat yang paling tajam sejak 2013. Korsel pada Oktober memberlakukan pembatasan kredit pada pemilik beberapa rumah untuk mengerem pinjaman pesta, mulai tahun ini.

Responden jajak pendapat mencatat bahwa ekspor yang kuat, yang telah meningkat selama 14 bulan berturut-turut, membuat pertumbuhan secara year on year sekitar 3%.

Ekspor Korsel melonjak 8,9% pada Desember dan membuat 2017 mencapai rekor tertinggi dalam hal nilai, berkat melonjaknya permintaan global atas chip memori dan petrokimia.

Pada pertemuan kebijakan Januari, Bank of Korea meningkatkan prospek pertumbuhannya menjadi 3% dari perkiraan 2,9% pada Oktober, dengan mengutip peningkatan konsumsi pribadi.

BOK mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuannya Kamis lalu setelah menaikkan mereka pada November untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam tahun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.2937 seconds (0.1#10.140)