Mantapkan Layanan, Jajaran Direksi Pertamina Dirombak

Selasa, 13 Februari 2018 - 19:26 WIB
Mantapkan Layanan, Jajaran Direksi Pertamina Dirombak
Mantapkan Layanan, Jajaran Direksi Pertamina Dirombak
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN kembali melakukan perombakan jajaran direksi PT Pertamina (Persero). Keputusan ini didasari SK Menteri BUMN SK 39/MBU/02/2018 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur, Pengalihan Tugas Anggota Direksi Pertamina.

Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, perombakan ini bertujuan untuk makin memantapkan layanan Pertamina, terutama dari sisi marketing atau pemasaran. Diakui Fajar, Pertamina memang sempat mengalami kendala distribusi dengan maraknya kelangkaan BBM dan elpiji.

"Intinya sebenarnya Pertamina ada beberapa hal kejadian kelengkaan BBM, elpiji yang kemudian buat kajian reorganisasi, dibuat dan dibahas dengan beberapa pihak," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Fajar menyampaikan, Pertamina memberhentikan Yenni Andayani sebagai Direktur Gas Pertamina. Sehingga, posisi Direktur Gas tidak ada.

Pertamina juga mengubah jabatan Muchamad Iskandar dari Direktur Pemasaran menjadi Direktur Pemasaran Korporat disertai dua posisi baru Direktur Pemasaran Retail yang juga dijabat sementara oleh Muchamad Iskandar. Lalu ada Direktur Logistik, Supply Chain, Infrastruktur yang dijabat sementara oleh Nicke Widyawati selaku Direktur SDM.

"Pada sore tadi disampaikan ada perubahan struktur pengurus perusahaan. Nantinya akan ada soal pemasaran dan gas akan menjadi tiga, dua direktorat jadi tiga direktur," katanya.

Dia merincikan, Direktur Pemasaran Korporat untuk menangani customer yang besar secara business to business (b to b). Sementara, Direktur Pemasaran Ritel untuk menangani program pelayanan ke masyarakat.

Terakhir, Direktur Logistik, Supply Chain, Infrastruktur untuk menangani persoalan terkait logistik. "Adalagi untuk siapkan infrastruktur pemasaran, supply chain, logistik, cold storage," tutur Fajar.

Dengan perombakan tersebut, maka direksi Pertamina sebagai berikut:

1. Direktur Utama: Elia Massa Manik
2. Direktur Keuangan: Arief Budiman
3. Direktur Hulu: Syamsu Alam
4. Direktur Pemasaran Korporat merangkap Direktur Pemasaran Retail: Muchamad Iskandar
5. Direktur Manajemen Aset: Dwi Wahyu Daryoto
6. Direktur Pengolahan: Toharso
7. Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko: Gigih Prakoso
8. Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ardhy N Mokobombang.
9. Direktur SDM merangkap Direktur Logistik, Supply Chain, Infrastruktur: Nicke Widyawati
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6658 seconds (0.1#10.140)