Pasokan Melimpah, Harga Beras Berangsur Mulai Turun

Senin, 05 Maret 2018 - 22:33 WIB
Pasokan Melimpah, Harga Beras Berangsur Mulai Turun
Pasokan Melimpah, Harga Beras Berangsur Mulai Turun
A A A
KENDAL - Harga beras mulai mengalami penurunan dalam sepekan terakhir di sejumlah pasar tradisional di Kendal, Jawa Tengah. Bahkan penurunan harga beras cukup signifikan hingga mencapai Rp50 ribu per sak.

Penurunan harga beras ini disebabkan, ketika sejumlah daerah mulai panen raya sehingga pasokan mulai melimpah. Namun demikian untuk beras bramo dan mentik, penurunan yang terjadi tidak terlalu besar.

Apabila biasanya saat harga melonjak, beras c-4 per sak atau kemasan 25 kilogram dapat mencapai Rp280 ribu. Tapi kini pedagang menjual dengan harga Rp230 ribu. Salah seorang pedagang beras Milatul menerangkan, penyusutan harga ini lantaran pasokan dari distributor sudah melimpah dan daerah sentra penghasil beras mulai panen raya.

Namun sambung dia mengutarakan, untuk beras tertentu seperti bramo dan mentik wangi hanya menjadi Rp25 ribu per sak atau turun Rp1.000 perkilogramnya. Jika biasanya mencapai Rp300 ribu per sak, kini masih dijual dengan harga Rp275 ribu. "Permintaan dari pembeli juga sudah mulai banyak, setelah harga mengalami penurunan," ungkapnya.

Penurunan harga beras yang cukup besar, disambut gembira warga. Salah seorang pembeli Prayoni mengaku dengan harga yang turun hingga dua ribu rupiah perkilogramnya, bisa menghemat belanja dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Sementara untuk harga eceran, penurunan masih sedikit yakni antara lima ratus rupiah hingga seribu rupiah saja. Di antaranya seperti harga beras jenis bramo eceran perkilogramnya sebelumnya Rp15 ribu kini Rp14 ribu, sedangkan ir c4 kini eceran dijual Rp11 ribu.

Para pedagang pemerintah membatalkan impor beras, supaya harga kembali stabil atau tidak turun banyak. Pasalnya jika impor beras tetap dilaksaakan, pedagang beras lokal merugi karena kalah harga dengan beras impor yang bisa lebih murah.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4310 seconds (0.1#10.140)