Membaik, Penyaluran Kredit Februari 2018 Capai 8%

Sabtu, 17 Maret 2018 - 00:05 WIB
Membaik, Penyaluran Kredit Februari 2018 Capai 8%
Membaik, Penyaluran Kredit Februari 2018 Capai 8%
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebut penyaluran kredit perbankan pada bulan Februari meningkat dibanding bulan sebelumnya, mencapai 8%. Capaian itu diyakini menjadi indikasi semakin membaiknya penyaluran kredit tahun ini.

BI mencatat, penyaluran kredit perbankan di bulan sebelumnya mencapai 7,4%. Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto menyebutkan bahwa pertumbuhan kredit didorong telah selesainya proses konsolidasi perbankan.

"Dari sisi corporate itu sudah selesai (konsolidasi) dan mereka sudah mulai pick up," ujar Erwin di Gedung BI, Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Menurutnya, dengan capaian tersebut, pertumbuhan penyaluran kredit tahun ini akan semakin baik. Sebelumnya, BI mematok kisaran 10-12% untuk target pertumbuhan kredit tahun ini. "Kalau kita prediksi penyaluran kredit tahun ini akan lebih baik. Daya jual bank sih baik. Posisi Februari itu terjadi peningkatannya dari sisi kredit," katanya.

Dia optimistis di akhir kuartal I/2018, penarikan kredit akan semakin besar. Tak hanya itu, rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) pun menurutnya semakin membaik.

"Kita tunggu, lihat momen saja kalau ekonomi bertumbuh akan semakin baik lagi, belanja pemerintah dan konsumsi juga membaik," tuturnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5381 seconds (0.1#10.140)